Parapat Gultom Ph.D: Buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial Berisi Kolaborasi Menangani Masalah Sosial yang Kontekstual

Media Apakabar.com
Kamis, 25 Maret 2021 - 10:13
kali dibaca

Foto: Parapat Gultom Ph.D seorang Dosen Pasca Sarjana USU ketika membedah buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia, Rabu 24/03 di Ruang Sisha, Hotel Madani Jln SM Raja Medan.


Mediaapakabar.com - Permasalahan sosial di Indonesia merupakan permasalahan yang tidak kunjung berakhir, karena banyak faktor yang menyebabkannya.Oleh karena itu dalam penanganan permasalahan sosial secara konprehensif diperlukan suatu kebijakan dan perencanaan yang konstektual oleh seorang pimpinan baik ditingkat pusat maupun daerah.

Bagaimana menangani permasalahan sosial secara kolaborasi dan konprehensif itu  dapat diperoleh dari buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia yang di tulis dari seorang ilmuan kita  Dr Mohd Yusri MSI dan mantan birokrat Drs Syaiful Syafri MM.

Hal tersebut dijelaskan oleh Parapat Gultom Ph.D seorang Dosen Pasca Sarjana USU ketika membedah buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia, Rabu 24/03 di Ruang Sisha, Hotel Madani Jln SM Raja Medan.

Dihadapan Bupati Batubara Ir H Zahir M.AP, Kepala Lembaga Layanan Dikti Sumut Prof Dr Ibnu Hajar, Rektor UMSU DR Agusani M.AP dan sejumlah ilmuan yang hadir serta perwakilan Wartawan Media Cetak dan Elektronika,  Parapat Gultom Ph.D menjelaskan telah banyak buku yang diterbitkan  membahas tentang masalah masalah sosial, namun buku ini memiliki keunggulan tersendiri, yakni:

1.Ditulis berdasarkan fakta lapangan (Practical_Based)

2.Lokus di Indonesia

3.Merupakan hasil pengalaman penulis sebagai Pelaku,Pemerhati,dan Penulis tentangKesos.

4.Memuat secara komprehensif mulai dari Identifikasi permasalahan, perencanaan, implementasi dan evaluasi

5.Memuat bagaimana kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam penanganan Masalah Kesos.

Menyimak dari isinya, buku ini diperuntukkan bagi berbagai profesi, diantaranya:
 
1.Kalangan akademisi
2.Pemerintah (secara khusus yang berkaitan dengan Kesos)
3.Pemerhati masalah kesos
4.Masyarakat peduli Kesos
5.NGO yang bergerak dalam penanggulangan masalah Kesos

Buku ini sangat cocok bagi berbagai profesi karena buku ini memuat:

1.Manajemen penanggulangan masalah sosial
2.Sistem penanggulangan masalah sosial secara terpadu
3.Peran Pemerintah, Swasta,dan Masyarakat dalam penanggulangan masalahsosial
4.Konsep kebijakan dan perencanaan sosial
5.Berbagai studi kasus masalah sosial di Indonesia

Sementara itu Wakil Rektor III UMSU Dr Rudianto MSI selaku pembedah kedua banyak memberikan masukan, diantaranya masalah sosial tidak sebatas masalah ekonomi, tetapi masalah sosial yang dihadafi kaum milineal perlu menjadi perhatian.

Launching Penerbitan Buku Kebijakan dan Perencanaan Sosial di Indonesia  yang dimoderatori Dr Rizka Harfiani M.Psi ini mendapat apresiasi yang baik dari Bupati Batu Bara Ir H Zahir M.AP, sehingga memesannya sebanyak 1500 eksemplar untuk kebutuhan aparatur pemerintah daerah dan pemerinta Desa, demikian juga dari Rektor UMSU Dr Agussani M.AP dan Kepala Lembaga Layanan Dikti Prof Dr Ibnu Hajar Damanik. (MC/SS)
Share:
Komentar

Berita Terkini