-->
    |
Follow Us :

Pangdam I/BB Perintahkan Komandan Satuan Yakinkan Prajurit Sudah Divaksin Covid-19

Kali Dibaca


Mediaapakabar.comPanglima Kodam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, memastikan seluruh Prajurit TNI AD di jajarannya  mendapat suntikan Vaksin Covid-19. 

Penegasan Pangdam I/BB ini disampaikan melalui keterangan tertulis pada Senin (21/3/2021) di Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan. 


Pangdam I/BB mengatakan, Vaksinasi Covid-19 ini dilakukan serentak kepada seluruh Prajurit TNI AD di jajaran Kodam I/BB yang berada di Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri.  


"Untuk wilayah Makodam I/BB, vaksinasi ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan pertama. Karena masih ada personel yang belum melakukan vaksin dikesempatan pertama, hingga pagi ini kembali dilanjutkan, agar seluruh personel Makodam I/BB tervaksin seluruhnya," papar Pangdam I/BB. 


Vaksinsasi Covid-19 di lingkungan TNI merupakan tindak lanjut terhadap upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.


Sementara, Dansub Satgas Covid-19 Kodam I/BB yang juga Kepala Rumkit Tk II Putri Hijau Medan, Kolonel Ckm dr Mhd Irsan Basyroel, SpKK, FINSDV, menjelaskan, pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di lingkungan Prajurit Makodam I/BB ini ditujukan kepada personel yang sebelumnya belum melakukan vaksinasi. 


Karena itu, vaksinasi lanjutan ini akan berlangsung sampai tiga hari kedepan. 


"Sampai Rabu nanti, ditargetkan seluruh personel Makodam I/BB yang berjumlah 8000 orang lebih sudah tervaksin semuanya," terang Kolonel Irsan. 


Dijelaskan Kolonel Irsan pula, selama pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Makodam I/BB, tidak ada ditemukan kasus-kasus menonjol. 


"Tidak ada kasus KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dari pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di lingkungan Makodam I/BB ini," tegas Kolonel Irsan. 


KIPI adalah salah satu reaksi tubuh pasien yang tidak diinginkan yang muncul setelah pemberian vaksin. 


KIPI dapat terjadi dengan tanda atau kondisi yang berbeda-beda. Mulai dari gejala efek samping ringan hingga reaksi tubuh yang serius seperti anafilaktik (alergi parah) terhadap kandungan vaksin.


"Namun untuk Prajurit TNI di Makodam I/BB ini, tidak ada satupun laporan KIPI. Karenanya, Vaksinasi Covid-19 ini memang aman, halal dan bermanfaat. Buktinya Prajurit Makodam I/BB ini," pungkas Kolonel Irsan. 


Proses Vaksinasi Covid-19 di Balai Prajurit Makodam I/BB ini berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat. 


Setiap Prajurit yang akan divaksin, terlebih dulu harus melakukan Protap Protokol Kesehatan. Seperti memakai masker, mencuri tangan, dan menjaga jarak.


Kemudian, tim medik dari Rumkit Tk II Putri Hijau Medan melakukan pemeriksaan kondisi psikis peserta apakah bisa mengikuti vaksin atau tidak. (MC/Red)


Komentar

Berita Terkini