Kilang Minyak Balongan Terbakar, Berapa Total Kerugian Pertamina?

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Api Terlihat hingga Jarak 5 Km.


Mediaapakabar.comPT Pertamina (Persero) terus berupaya menangani ledakan di Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3/2021) dini hari pukul 00.45 WIB. Kebakaran ini tepatnya terjadi pada tangki T-310G.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus melakukan pemadaman api di Kilang Balongan yang masih terbakar.


"Saat ini kita masih fokus melakukan pemadaman, supaya api bisa segera kita atasi, dan kemudian tentunya operasi bisa segera normal kembali," kata Ifki dilansir dari Liputan6.com, Senin (29/3/2021).


Saat ditanya terkait perkiraan waktu pemadaman api di Kilang Balongan, Ifki menjawab, Pertamina belum bisa memberi estimasi waktu kapan kobaran api dapat diselesaikan


"Kami belum bisa ke arah itu. Untuk sementara fokus bagaimana kita bisa cepat melakukan pemadaman," ujarnya.


Terkait kerugian materil dan biaya akibat ledakan api di Kilang Balongan ini, ia pun belum bisa menyampaikan informasi terkait hal tersebut.


"Belum bisa ya, karena ini kan kembali lagi kita masih fokus pemadaman Kilang Balongan, dan perlu ada upaya lain untuk menyangkut nilai tersebut," pungkas Ifki.


Kilang Balongan Terbakar, Pertamina: Saat Kejadian Turun Hujan Deras Disertai Petir


Tangki T-301G Kilang Balongan milik Pertamina terbakar pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. 


Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, penyebab kebakaran di Kilang Balongan belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.


"Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/3/2021).


Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran di Kilang Balongan.


Sebelumnya, Indramayu meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.


Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar di Kilang Balongan


Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri.


Belum diketahui penyebab ledakan Kilang Balongan yang mengakibatkan kebakaran besar tersebut.


Kebakaran Kilang Pertamina Balongan, Api Terlihat hingga Jarak 5 Km


Api yang melalap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Senin, 29 Maret 2021 dini hari ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.


"Dari sini kelihatan banget apinya besar," kata Suci, warga Indramayu, seperti dikutip dari Antara.


Suci mengungkapkan, jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar 5 kilometer. Meskipun jauh, api tampak jelas membumbung tinggi.


"Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan," kata Suci.


Warga lainnya bernama Dedi menuturkan hal yang sama bahwa kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras.


"Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan," kata dia.


Dari video yang beredar di kondisi lokasi RU VI Balongan terbakar hebat sampai memaksa warga sekitar keluar rumah. (LC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini