-->
    |
Follow Us :

Demi Pengaman Laut, Sat Polair Polres Tanjung Balai Rutin Gelar Patroli

Kali Dibaca
Demi Pengaman Laut, Sat Polair Polres Tanjung Balai Rutin Gelar Patroli. 


Mediaapakabar.com - Demi menjaga keamanan dan meminimalisir tindak kriminal di perairan laut Asahan Tanjung Balai dan mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Sat Polair Polres Tanjung Balai melaksanakan kegiatan Patroli perairan selama 1x12 jam.

"Adapun kegiatan pada Minggu, 14 Maret 2021, Kapal Patroli KP. II - 1014 diawaki team Regu II yakni Bripka Khoiruddin dan Bripka SY Napitupulu melaksanakan tugas Patroli Perairan di wilayah perairan Tanjung Balai Asahan," kata Kasubag Polres Tanjung Balai Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan, Minggu (14/03/2021).


Iptu Ahmad mengatakan hal itu dilakukan  untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kapal yang  diduga membawa TKI ilegal, barang ilegal atau barang yang dilarang keluar dan masuk melalui perairan Tanjung Balai.


"Selain itu team Regu II, melaksanakan tugas Polmas Perairan dengan Public Speaking berupa keselamatan berlayar agar terlebih dahulu melakukan pemeriksaan mesin kapal," kata Iptu Ahmad.


"Yakni melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung, Ring boy, Apar dan Kotak P3K," tambahnya.

 

Lanjut dikatakan Iptu Ahmad, pada pelaksanaan Team Regu II juga mengajak masyarakat nelayan Kota Tanjung Balai menjadi Mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas.


"Dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau ini kejahatan seperti TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal, barang ilegal seperti Ballpress dan narkoba," ujarnya.


Kemudian, kata Iptu Ahmad, sosialisasi adaptasi kebiasaan baru tentang pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19 kepada masyarakat awak kapal Nelayan Kota Tanjung Balai.


"Agar tetap mentaati himbauan pemerintah 5M tentang Protokoler Kesehatan seperti Memakai Masker yang benar, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, menerapkan pola makanan sehat dan istirahat yang teratur," kata Iptu Ahmad.


Dalam pelaksanaan patroli tersebut, sambung Iptu Ahmad, team regu II Sat Polair melakukan pengejaran terhadap satu unit kapal dapat dihentikan.


Sebelum melakukan pemeriksaan kapal, petugas patroli melakukan cek suhu tubuh Awak kapal dengan menggunakan alat Thermo Scan dan melakukan pemeriksaan kapal KM. Selasih Muara dan tanda selar GT 17 NO 1587/PPb yang dinahkodai oleh Zulkifli datang dari laut tujuan Tanjung Balai.


Dalam pemeriksaan tersebut, dokumen kapal lengkap, selanjutnya kepada Nahkoda dengan jumlah penumpang 4 orang dan tidak ada yang temukan barang- barang ilegal atau yang melanggar hukum. 


"Situasi Kamtibmas di wilayah hukum perairan kota Tanjung Bali sampai saat ini dalam keadaan aman terkendali," pungkas Kasubbag Polres Tanjung Balai Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan. (MC/DAF)

Komentar

Berita Terkini