-->
    |
Follow Us :

Cara Mengganti Tema WhatsApp di Android dan iOS

Kali Dibaca
Ket Foto : Cara mengganti tema WhatsApp terbilang cukup mudah hanya dengan beberapa langkah, tapi pastikan dulu WhatsApp sudah diperbaharui ke versi terbarunya. (Screenshot via Aplikasi WhatsApp)


Mediaapakabar.comPengguna aplikasi pesan instan WhatsApp kini dapat merasakan fitur baru yang memungkinkan Anda mengubah tema warna WhatsApp dari putih menjadi hitam (dark mode).

Mengutip dari laman resminya, cara mengganti tema WhatsApp ini terbilang cukup mudah hanya dengan beberapa langkah. Tapi pastikan Anda sudah memperbarui ke versi terbarunya.


Cara Mengganti Tema WhatsApp di Android


Untuk pengguna Android, langkah mengganti tema pada WhatsApp yaitu sebagai berikut;


  1. Pilih opsi Lainnya

  2. Klik Setelan

  3. Ketuk Chat

  4. Pilih Tema pada tampilan

  5. Lanjut pilih Tema Gelap atau Terang (disesuaikan)

  6. Kemudian klik Oke

  7. Tema yang dipilih pun telah diaktifkan


Cara Mengganti Tema WhatsApp di iOS


Bagi pengguna iOS, warna tema WhatsApp dari putih ke hitam dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan di pengaturan perangkat atau Pusat Kontrol.


Fitur warna tema WhatsApp tersebut, hanya tersedia pada iOS 13 dan yang lebih baru. Untuk cara menggantinya seperti di bawah ini.


  1. Buka Pengaturan iPhone

  2. Pilih Tampilan & Kecerahan

  3. Pilih Terang atau Gelap (disesuaikan), yang secara otomatis akan diaktifkan


Selain dari pengaturan perangkat, Anda juga dapat mengaktifkan tema dari Pusat Kontrol.


  1. Buka Pengaturan iPhone - Pusat Kontrol - Sesuaikan Kontrol.

  2. Tambahkan Mode Gelap di bawah 'Sertakan' untuk menampilkannya di Pusat Kontrol.

  3. Buka Pusat Kontrol. Pada iPhone X dan yang lebih baru, gesek ke bawah dari bagian kanan atas layar, sedangkan pada iPhone 8 dan yang lebih lama, gesek ke atas dari bagian bawah layar.

  4. Ketuk ikon mode gelap untuk menyalakan atau mematikan mode gelap.


Sejauh ini, tema yang diluncurkan WhatsApp hanya dua pilihan yaitu putih dan hitam, dengan setelah seperti cara di atas. Sedangkan untuk wallpaper, sudah bisa disetel berbeda-beda.


Sebelumnya sempat beredar cara mengganti tema WhatsApp dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, di antaranya GBWhatsApp, FMWhatsApp, atau YTM WhatsApp.


Melalui aplikasi ketiga (GBWhatsApp, FMWhatsApp, YTM WhatsApp) penggunanya mendapat kesempatan untuk bisa mengganti tema dari yang semula hijau, menjadi sesuai keinginan.


Mengutip dari Digitbin, WA GB dan lainnya adalah WhatsApp ilegal yang dibangun dengan fitur-fitur canggih namun tidak ada di WhatsApp resmi.


Aplikasi modifikasi tersebut dinilai tidak aman untuk digunakan meskipun menyediakan beberapa fitur hebat.


Menurut peneliti online di Internet Research Institute, versi modifikasi WhatsApp lebih rentan untuk menyuntikkan Malware dan Spyware karena server yang di-hosting kurang aman.


Selain itu, cara mengganti tema WhatsApp dari pihak yang tidak resmi tentunya lebih rentan menyebabkan kerusakan data pengguna. (CNNI/MC)

Komentar

Berita Terkini