Buruan Cek di Sini! Syarat Daftar CPNS 2021

REDAKSI
Selasa, 23 Maret 2021 - 12:05
kali dibaca
Pendaftaran CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru akan segera dibuka. Rencananya, pendaftaran calon pegawai negeri sipil 2021 dan PPPK berlangsung pada Mei-Juni mendatang.


Mediaapakabar.comPendaftaran CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru akan segera dibuka. Rencananya, pendaftaran calon pegawai negeri sipil 2021 dan PPPK berlangsung pada Mei-Juni mendatang.

"Pendaftaran Mei-Juni 2021, pendaftaran dilakukan melalui sistem seleksi calon ASN (SSCN) BKN," kata Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam keterangannya, di Jakarta, seperti dilansir dari detik.com, Selasa (23/03/20201).


Ada baiknya mempersiapkan diri dari sekarang seperti menyiapkan dokumen sebelum pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK guru dan non-guru resmi dibuka. Sebab, dokumen yang diperlukan untuk menjadi abdi negara itu cukup banyak.


Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan dan jadi syarat daftar CPNS 2021. Mengacu pada pendaftaran CPNS 2019, dokumen yang perlu disiapkan yakni akta kelahiran, KTP, ijazah dan transkrip nilai, kartu keluarga (KK), termasuk pas foto ukuran 4x6 dan swafoto.


Scan KTP diperlukan untuk memastikan data kependudukan, pas foto dan swafoto untuk menyesuaikan pelamar dengan data KTP, dan scan ijazah serta transkrip untuk memastikan jurusan pelamar sesuai dengan formasi yang dituju.


Pastikan pula hasil scan dokumen terbaca dengan jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses verifikasi pendaftaran.


Jangan lupa siapkan dokumen dan persyaratan CPNS 2021 dari sekarang.


Pendaftar CPNS 2021 juga disarankan menyiapkan dokumen jauh-jauh hari, serta melakukan scan. Pasalnya, dari banyak pengalaman, sejumlah pelamar kelabakan karena baru scan dokumen di hari yang sama saat itu dibutuhkan.


Syarat-syarat lain untuk mendaftar di CPNS 2021 sebagai berikut:

1. Harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta

4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan

7. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan

8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI

9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK


Demikian syarat lengkap bagi Anda yang akan mengikuti pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK guru dan non-guru. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini