Bupati Asahan Hadiri Lokakarya dan FGD Pengembangan Sistem Irigasi Asahan

REDAKSI
Jumat, 19 Maret 2021 - 09:26
kali dibaca
Kementerian PUPR Direktorat PSDA bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) dan Project Preparation Consultant (PPC) Asahan menggelar Pertemuan Konsultasi Masyarakat Sosialisasi/Konsultasi Publik, Lokakarya dan FGD Pengembangan Sistem Irigasi Asahan Sumatera Utara, Indonesia Phase -1, Rabu (18/03/2021).


Mediaapakabar.com - Kementerian PUPR Direktorat PSDA bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) dan Project Preparation Consultant (PPC) Asahan menggelar Pertemuan Konsultasi Masyarakat Sosialisasi/Konsultasi Publik, Lokakarya dan FGD Pengembangan Sistem Irigasi Asahan Sumatera Utara, Indonesia Phase -1, Rabu (18/03/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Marina Kisaran ini dihadiri oleh Bupati Asahan, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Subkordinator Pelaksana Tugas Pembinaan dan Pemantauan Wilayah I, Subdirektorat Wilayah I, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Dinas PU dan PR Kabupaten Asahan, Bappeda Kabupaten Asahan, dan tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini Team Leader PPC Asahan melalui Co-Team Leader PPC Asahan Ir. Edi Wahyono M. Eng mengatakan, dalam rangka menuju kemandirian dan ketahanan pangan, maka Pemerintah berupaya mendorong peningkatan produksi padi/beras dalam negeri dengan manfaat selain pada sektor penghematan devisa nasional juga membuka kesempatan kerja dan mengurangi kemiskinan.

"Kita semua pasti menyadari bahwa tersedianya sistem irigasi yang baik dan handal merupakan syarat mutlak bagi terselenggaranya sistem pangan nasional yang kuat dan penting bagi sebuah negara," tutur beliau.

Sementara melalui zoom meeting  Kepala Subdit Wilayah I Direktorat Irigasi dan Rawa Parlinggoman Simanungkalit, ST, MPSDA yang mewakili Direktur Irigasi dan Rawa menyampaikan, dalam rangka ekstensifikasi lahan sawah beririgasi teknis, Direktorat Irigasi dan Rawa melakukan kegiatan Development Of Asahan Irrigation System in North Sumatera (Phase I) di Kabupaten Asahan yang merupakan rangkaian studi melalui master plan, studi kelayakan, dan detail desain yang didanai dari Asian Development Bank (ADB).

"Kami berharap kepada bapak ibu yang hadir pada kegiatan ini dapat menyerap informasi secara maksimal berdiskusi secara aktif dengan tenaga ahli. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah bapak dan ibu dapat memberikan masukan terhadap rencana pengembangan jaringan irigasi Asahan yang saat ini sedang disusun sesuai dengan kondisi serta kebutuhan masyarakat setempat (kearifan lokal)," tutup beliau.

Di tempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidato tertulisnya mengatakan, sesuai dengan rencana pola pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Toba Asahan yang telah ditetapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum disebutkan bahwa Sungai Asahan memiliki rata-rata debit sekitar 120 Meter Kubik per Detik sehingga sangat potensial dimanfaatkan untuk banyak hal seperti irigasi pertanian.

Beliau juga mengatakan selain potensi, debit Sungai Asahan yang besar juga memiliki daya rusak dan menyebabkan banjir bagi masyarakat di sekitar Sungai Asahan seperti di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Sei Kepayang terutama pada saat curah hujan tinggi. Oleh karena itu, melalui pertemuan ini kami berharap upaya pengendalian banjir Sungai Asahan dapat menjadi satu kesatuan yang terintegrasi dalam perencanaan pengembangan sistem irigasi Asahan.

Selanjutnya beliau mengatakan, berdasarkan arahan Presiden RI yang tertuang dalam peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah nasional tahun 2020-2024, bahwa pembangunan infrastruktur pelayanan dasar bidang irigasi pada tahun 2024 ditargetkan akan dibangun bendungan multiguna sebanyak 63 unit dan jaringan irigasi baru sebanyak 500.000 Ha. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Asahan menyatakan siap mendukung penuh dan berpartisipasi dalam mewujudkan target capaian dimaksud.

"Di Kabupaten Asahan, terdapat satu daerah irigasi yang menjadi kewenangan pemerintah pusat yaitu daerah Irigasi Rawa Sei Lebah seluas 3.031 Hektar yang saat ini kondisi pengelolaan infrastrukturnya perlu mendapatkan perhatian," ungkapnya.

Mengakhiri pidatonya beliau berharap, kegiatan perencanaan pengembangan sistem irigasi Asahan ini tidak terhenti pada tahap perencanaan namun dapat dilakukan pada tahap konstruksi, hingga operasional dan pemeliharaan sistem jaringan irigasi. (Hen)
Share:
Komentar

Berita Terkini