UMSU Silaturahmi Dengan 112 Kepsek Cabdis Sunggal

REDAKSI
Kamis, 04 Februari 2021 - 20:13
kali dibaca
Ket Foto : UMSU Silaturahmi Dengan 112 Kepsek Cabdis Sunggal.

Mediaapakabar.com
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan silaturahmi dengan kepala sekolah SMA/SMK se Cabang Dinas Sunggal di Pancur Gading Hotel, Jalan Kwala Simeme, Delitua, Kamis (4/2/2021). 

Silaturahmi diikuti 112 kepala SMA/SMK negeri dan swasta. Tampak hadir, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal, Muhammad Basir Hasibuan, MPd. Dari UMSU, Rektor diwakili Wakil Rektor I, Dr Muhammad Arifin Gultom, SH, MHum.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sunggal.


Muhammad Basir Hasibuan mengatakan, kepala sekolah harus memotivasi anak didiknya untuk bisa melanjut ke perguruan tinggi. Jika pun tidak, minimal harus bekerja dan tidak menjadi pengangguran. 


“Kalau untuk SMA orientasinya itu anak didiknya harus melanjut pendidikan, tetapi kalau SMK orientasinya bekerja, tetapi bisa saja melanjutkan pendidikan,” katanya. 


Kepala sekolah, lanjutnya harus lebih kreatif, inovatif, komunikatif dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi karena di era sekarang, informasi untuk melanjut ke perguruan tinggi memiliki banyak peluang dan kesempatan.


Apalagi informasi tentang perguruan tinggi mudah didapatkan. Makanya, kepala sekolah diminta untuk menyebarkan informasi tentang perguruan tinggi kepada siswa. 


“Banyak memang siswa bingung soal biaya. Tetapi itu tidak usah dipikirkan karena memang banyak perguruan tinggi itu menawarkan beasiswa. Salah satunya UMSU, sebagai perguruan tinggi banyak dalam merekrut mahasiswa baru ada jalur prestasi dan undangan serta jalur beasiswa. Ini bisa disampaikan kepada anak-anak,” pintanya. 


Muhammad Basir juga meminta kepala sekolah untuk meningkatkan pendidikan, tidak hanya sarjana tetapi bisa melanjut ke program magister. 


Sebagai Kepala Cabang Dinas Sunggal, dia menegaskan siap memberi kemudahan rekomendasi. Untuk perguruan tinggi UMSU bisa pilihan untuk melanjut karena akreditasi institusinya sudah A, ada ada 15 program studi yang terakreditasi A. 


Motivasi Siswa 


Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor I, Dr Muhammad Arifin Gultom, M.Hum menyampaikan materi dengan tema “Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah di Masa Pandemi”. 


Dia meminta agar kompetensi kepala sekolah di antaranya kompetensi sosial perlu terus ditingkatkan yakni kepala sekolah harus bisa menjalin kerjasama dengan masyarakat sekitar, atau pihak luar. Seperti dengan perguruan tinggi.

 

Melalui kerja sama ini, banyak yang bisa dilakukan seperti mengundang pihak perguruan tinggi ke sekolah untuk memotivasi anak-anak agar tetap semangat melanjutkan ke perguruan tinggi, melakukan kerja sama peningkatan kompetensi guru. 


Kepala sekolah juga  harus menganut sistem EMASLIM dimana harus bisa menjadi edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator.  


Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, UMSU menyampaikan sosialisasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UMSU yang sudah dibuka sejak tanggal 16 Nopember 2020-16 September 2021 oleh Tim UPT Promosi dan Penmaru. Acara berlangsung penuh kekeluargaan dan diakhiri dengan doorprize. (ARF)

Share:
Komentar

Berita Terkini