-->
    |
Follow Us :

Tumbuhkan Potensi Jurnalis yang Handal, DPC AWPI Kota Semarang Gelar Seminar Jurnalistik

Kali Dibaca
Tumbuhkan Potensi Jurnalis Yang Handal, DPC AWPI Kota Semarang Gelar Seminar Jurnalistik

Mediaapakabar.com
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kota semarang menggelar Seminar Jurnalistik, Sabtu, 20 Februari 2021.

Kegiatan yang digelar di Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda No.148, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah ini bertemakan "Tumbuhkan Potensi Jurnalis Yang Handal".


Acara Seminar Jurnalistik tersebut dibuka langsung oleh Walikota Semarang yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang Dr. Bambang Pramusinto, SH, S.IP, M.Si.


Dalam sambutannya, Bambang berpesan kepada peserta diklat untuk benar-benar menjadikan forum diklat ini menjadi proses edukasi sebagai wartawan Handal dan Profesional sebagaimana tema seminar jurnalistik.


Ketua Umum DPP AWPI Ir. Nadiyanto menegaskan setelah lembaga Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif, Pers adalah pilar keempat Demokrasi.


"Lembaga pers yang dalam hal ini adalah wartawan selaku ujung tombaknya, untuk itu AWPI hadir sebagai wadah Wartawan Profesional,” ujarnya.


Nadiyanto menambahkan, tegakan dan amalkan Undang-Undang Pers dan kode Etik Jurnalistik. Demi mewujudkan Indonesia yang hebat, damai, sejahtera, adil makmur dan bermartabat.


"Bahwa Wartawan merupakan garda depan Pers sebagai wahana untuk penyeimbang penegakan demokrasi," sebut Dedi sapaan akrabnya.


Sementara itu, Samsul Huda selaku pemateri dalam kegiatan itu menjelaskan bahwa menjadi wartawan adalah satu sikap, kontribusi untuk pengabdian terhadap bangsa.


"Yang terpenting adalah bagaimana kita termotivasi dengan profesi kita sebagai profesi intelektual, dengan rasa ingin tahu, tentang sebuah kejadian agar bisa ditulis menjadi berita," jelas Syamsul Jurnalis Senior dan Akademisi Dosen STIKOM Semarang.


Samsul juga menjelaskan terkait berita, bahwa berita adalah suatu kejadian peristiwa yang faktual sesuai fakta yang benar-terjadi terjadi, tetapi setidaknya aktual dan faktual serta menarik bagi para pembaca, karena wartawan adalah seorang peneliti.


Masih dalam acara tersebut, Agus Yusuf Selaku Direktur Media Group AWPI yang juga memegang Pempred Teliksandi.id menjelaskan dalam sejarah Pers semua tokoh juga berasal dari para jurnalis, seperti bung Karno, bung hatta, maupun bung Tomo yang gemar menulis, untuk itu kita harus, bangga menjadi jurnalis.


Selain itu, jurnalis juga bertugas mengingatkan dan berperan aktif mengawasi pelaksanaan program pemerintah agar bersih dari korupsi. Insan pers juga berfungsi sebagai Kontrol Sosial sebagaimana Pasal 3 Asas, Fungsi, Hak, Kewajiban Dan Peranan Pers dalam UU Nomor 40 Tahun 1999, Tentang Pers.


Yakni Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial, juga lembaga ekonomi bagi para wartawan.


"Jadilah jurnalis yang idealis, mengawal supremasi hukum dan profesional sebagai wartawan intelektual, fungsi pers sangat vital untuk membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi baik informasi pelayanan maupun keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan," pungkasnya.


Seminar Jurnalitik dimulai dari Pukul 08.00.WIB - 16.00.WIB dengan tema "tumbuhkan Potensi Jurnalis Yang Handal" berjalan lancar dan baik bertempat di balai Kota Semarang, Jl. Pemuda No.148, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Hadir dalam acara tersebut yakni Ir. Nadiyanto, MMfg selaku Ketua Umum DPP AWPI, Agus Yusuf Direktur Media Group AWPI, Ketua DPD AWPI Provinsi Jawa Tengah serta Jajaran Pengurus DPC AWPI Kota Semarang. 


Acara seminar tersebut diikuti sekitar 65 peserta wartawan dari berbagai media cetak dan online se jawa tengah dan D.I.Yogyakarta. (MC/Red)


Komentar

Berita Terkini