Soal Kerjasama dengan Media, Pemkab Palas Dinilai PHP

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Bupati Palas, Ali Sutan Harahap saat menerima penghargaan sebagai sahabat pers dari SPS Sumut. (Analisa)

Mediaapakabar.com
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) melalui Dinas Kominfo dinilai memberikan PHP terhadap Media Cyber (online). Hal ini diketahui sejak tahun 2019 lalu, kendati pada pertengahan Januari 2021 di grup WhatsApp wartawan dan media sosial (Facebook) ada ditemukan persyaratan pengajuan kerjasama malah hingga Kamis (04/02/21) Kominfo belum menyampaikan kepastian.

Kadis Kominfo, Win Nazofah S. SI didampingi Kasi Media Kemitraan dan Desiminasi Publik, Rudi Ismail Pulungan saat ditemui diruang kerjanya mengatakan Kominfo Palas belum mengadakan MoU apapun ke Media Cyber, dan mengenai persyaratan kerjasama media itu tidak benar, tetapi yang diminta Kominfo adalah pendataan media.


"Kami hanya memohonkan data dari masing-masing media, bukan persyaratan kerjasama, sampai saat ini kami belum ada MoU apapun dengan Media Cyber," ujar Kadis.


Win Nazofah mengakui Kominfo memang sudah menerima kerjasama sebanyak 4 media, namun 4 media tersebut adalah pelimpahan dari Humas sekertariat Kantor Bupati yang sudah kerjasama sejak tahun sebelumnya.


Sedangkan terkait pemberitaan kegiatan Pemda yang sempat di tayangkan oleh media cyber Kadis Kominfo mengaku wartawan tidak ada koordinasi apapun ke Kominfo.


"Terkait pemberitaan kegiatan Pemda yang ditayangkan di media cyber sejatinya itu tanpa koordinasi apapun ke kita," akunya.


Sedangkan Kasi Media Kemitraan dan Desiminasi Publik Diskominfo, Rudi Ismail Pulungan mengaku pihaknya saat ini sudah menerima 20 berkas media.


Sebelumnya awak media juga pernah singgung terkait persoalan ini ke Bupati Palas H Ali Sutan Harahap yang saat itu didampingi Sekda Arpan Nasution pada Selasa (09/07/2019) lalu di Aula Rumdis Bupati.


Saat itu Bupati mengakui media cyber sangat banyak memberikan masukan positif baginya, Bupati mengakui terkadang adan agenda bupati yang tidak sempat terpublikasi para rekan media


"Saya sebenarnya sangat senang dengan media online, dan butuh masukan dari mereka, walau anggaran saat ini belum dapat ditampung. Namun mereka yang justru memberikan kritik sosial bagi kami, untuk itu saya akan segera upayakan agar media online dapat ditampung nantinya" terang Bupati Palas.


Sosok Bupati Palas juga sempat menerima penghargaan sahabat pers yang diserahkan langsung oleh ketua dewan pers dalam malam penganugerahan SPS di Hotel Santika Medan pada (28/11/20) lalu.


Saat itu Bupati Palas berterimakasih kepada SPS yang telah memberikan penghargaan baginya sebagai sahabat pers.


"Kehadiran media sangat penting bagi daerah, apalagi untuk memberikan informasi untuk kemajuan pembangunan yang mencerdaskan anak bangsa di daerah" ungkap Bupati Palas Senin (30/11/20) lalu. (Robert)

Share:
Komentar

Berita Terkini