-->
    |
Follow Us :

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Pacitan

Kali Dibaca
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul, Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Mediaapakabar.com
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur pada Minggu (14/1/2021). Jokowi menghadiri peresmian Bendungan Tukul yang terletak di Desa Tukul, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Pacitan sendiri dikenal publik sebagai kampung halaman Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.


Jokowi berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Ia kemudian akan mendarat di Pangkalan TNI AU Adisucipto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 


Dari Sleman, perjalanan menuju lokasi peresmian akan dilanjutkan dengan helikopter Super Puma TNI AU.


Dalam kunjungan kali ini, Mantan Wali Kota Solo itu didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto.


"Bendungan Tukul merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan menambah kapasitas tampungan air di wilayah sekitarnya sehingga suplai air irigasi akan tetap terjaga," demikian dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).


Kehadiran bendungan itu diklaim dapat bermanfaat sebagai sumber air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.


Kementerian PUPR pada Oktober tahun lalu telah menyanggupi untuk menyelesaikan pembangunan empat bendungan sampai Desember 2020, salah satunya adalah Bendungan Tukul. Empat bendungan itu merupakan hasil peralihan proyek pembangunan pada 2014-2019 ke 2020-2024.


Sementara untuk 2020-2024, rencananya ada 61 bendungan yang akan dibangun, yakni 9 bendungan di Pulau Sumatera, 24 bendungan di Pulau Jawa, 4 bendungan di Pulau Kalimantan, 9 bendungan di Pulau Sulawesi, 3 bendungan di Pulau Bali, 11 bendungan di Pulau Nusa Tenggara, dan satu bendungan di Pulau Maluku. (CNNI/MC)






Komentar

Berita Terkini