Pembangunan jembatan Sicanang, Masyarakat Diminta Dukung PU

Media Apakabar.com
Senin, 08 Februari 2021 - 12:52
kali dibaca

Mediaapakabar.com- Pembangunan jembatan Sicanang akan segera dimulai tahun ini. Untuk itu agar masyarakat Sicanang mendukung dinas PU Kota Medan agar pelaksanaan pembangunan jembatan yang menelan biaya miliaran rupiah itu dapat berjalan lancar sesuai target yang ditentukan.Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Medan, Zulfansyah dihadapan perwakilan warga Sicanang (FORMASI) kecamatan Belawan, Senin (8/2/2021) saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang Banmus DPRD kota Medan.


Zulfansyah menargetkan bulan desember selambat-lambatnya, jembatan Sicanang sudah selesai dikerjakan.

Antonius Devolis Tumanggor,S.Sos pada kesempatan itu mengatakan,tak kunjung selesainya pelaksanaan pembangunan jembatan Sicanang tersebut selama ini telah membuat masyarakat Sicanang tertutup akses.

Dan atas permintaan perwakilan warga Sicanang yang tergabung di FORMASI (Forum Masyarakat Sicanang), dan selanjuntnya, salah satu perwakilan anggota Komisi IV DPRD kota Medan turun langsung untuk melihat lokasi dan fisik jembatan yang sudah terbengkalai tersebut, maka Komisi IV pun akhirnya melakukan RDP dengan mengundang Kadis PU kota Medan untuk mendengarkan langsung sudah sejauh mana usulan DPRD atas pembangunan jembatan Sicanang tersebut.

Sementara itu, Kadis PU kota Medan, juga mengaku bahwa selama tahun 2020, banyak pekerjaan di Dinas PU yang terkendala. Dan dana anggarannya di tahun 2021 pun banyak berkurang.

“Dari 429 miliar, kini hanya 300 miliar yang disetujui. Namun demikian pembangunan jembatan  Sicanang menjadi prioritas, dan tahun ini ditargetkan selesai dikerjakan dengan dana 9 miliar,”ucapnya.

Sambungnya lagi, terhambatnya pembangunan lanjutan jembatan Sicanang diakibatkan pada tahun 2019, adanya proses hukum yang menghambat pembangunannya.
Ditahun 2020, kembali dinas PU Medan mencoba untuk menganggarkan kembali. Tapi bentangannya banyak tergerus air yang deras, sehingga ukuran bentangan dari dari 40 meter menjadi 60 meter.

“Terjadilah perubahan anggaran dan penyesuaian nilai kontrak yang sudah dianggarkan, sehingga desain awal jembatan beton, berubah menjadi rangka baja,” sebut Zulfansyah.

Sedangkan perwakilan utusan warga, dari Formasi, T.Silaen sambil berkaca-kaca mengatakan, bahwa masyarakat Sicanang sudah lama mendambakan agar jembatan Sicanang dapat segera diperbaiki.

“Ini sudah lama kami suarakan, kami secara pribadi bingung, apa kendala yang menghambat pembangunan jembatan itu. Tapi apabila ada pihak yang menghalang-halangi pembangunannya, kami siap di garda terdepan,” serunya.(mr/red/sugandhi siagian)

Share:
Komentar

Berita Terkini