Ini Profil Iptu Rachmat Andika, Kapolsek Termuda Berwajah Tampan

REDAKSI
Selasa, 23 Februari 2021 - 13:56
kali dibaca
Iptu Andika, Kapolsek Termuda Berwajah Tampan. YouTube @nomorsatu kaltim ©2021 Merdeka.com

Mediaapakabar.com
Menjabat sebagai Kapolsek termuda membuat sosok Iptu Rachmat Andika Prasetyo menjadi sorotan. Baru berusia 28 tahun, Iptu Andika berhasil menyabet jabatan strategis di wilayah Polda Kalimantan Timur.

Bukan suatu kebetulan, Iptu Andika rupanya berasal dari keluarga terpandang. Ia dilahirkan sebagai putra daerah yang dekat dengan profesi Polisi.


Lalu, apa sebenarnya latar belakang keluarga dari Iptu Andika? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Ayah Jadi Polisi

Pria yang kini menjadi orang nomor satu di Polsek Tenggarong ini memiliki keluarga satu profesi. Dilansir dari kanal YouTube nomorsatu kaltim, ayah dari Iptu Andika diketahui merupakan seorang anggota Polisi yang kini bertugas di Baharkam Polri.


"Di keluarga, Alhamdulillah bapak saya anggota polisi juga yang sekarang berdinas di Baharkam (Badan Pemelihara Keamanan Polri)," ujarnya.


Adik Ikuti Jejak di Korps Bhayangkara

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kemampuan serta minat dari sang ayah pun tak hanya menurun kepada dirinya saja. Namun, saudara kandung dari Iptu Andika juga memiliki profesi yang sama. Kini, sang adik diketahui tengah bertugas di Polda Kalimantan Selatan.


"Juga ada adik saya yang nomor dua sekarang berdinas di Polda Kalsel," ceritanya.


Jadi Kapolsek Termuda

Iptu Andika menjadi salah satu anggota polisi yang sukses mencuri perhatian publik. Di usianya yang masih menginjak 28 tahun, Andika sudah diberi kepercayaan mengemban jabatan sebagai Kapolsek. Alhasil, ia menjadi Kapolsek termuda di Kalimantan Timur.


"Nama saya Rachmat Andika Prasetyo pangkat Iptu. Saya di sini berdinas sebagai Kapolsek Tenggarong. Saya lahir di Denpasar tanggal 11 Juli 1992. Saya sekarang 28 tahun, saya keturunan Jawa," kata Iptu Andika memperkenalkan diri.


Rekam Jejak Iptu Andika

Untuk bisa menjadi Kapolsek, Andika tentu melewati sederet jabatan lainnya. Pria lulusan Akpol tahun 2015 ini sudah malang melintang pulau dalam berdinas. Hingga pada akhirnya diberi kepercayaan menjadi Kapolsek Tenggarong.


"Saya lulus Akpol tahun 2015. Setelah pendidikan Akpol, saya penempatan di Polda Banten. Saya penempatan lagi di Polres Pandeglang selama kurang lebih 2 tahun. Saya pindah ke Polres Cilegon, kurang lebih di Polres Cilegon 7 bulan. Dan syukur Alhamdulillah saya lanjut sekolah ke PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian). Setelah PTIK, saya kembali lagi ditempatkan di Polda Kaltim. Di Polda Kaltim saya berdinas selama satu bulan setengah," cerita Iptu Andika.


"Saya ditempatkan lagi di Polres Kukar. Polres Kukar saya ditempatkan di Kanit Tipikor selama 6 bulan. Dan ditempatkan lagi sebagai Kanit Pidum itu selama 4 bulan. Selanjutnya saya dipercaya untuk mengemban sebagai Kapolsek Tenggarong," sambungnya. 


Sumber: Merdeka.com

Share:
Komentar

Berita Terkini