Bupati Taput Nikson Nababan Yakin Pendirian Untara Dapat Tingkatkan SDM

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Bupati Taput Nikson Nababan Yakin Pendirian Untara Dapat Tingkatkan SDM.


Mediaapakabar.com
- Pendirian Universitas Tapanuli Raya (Untara) akan memberikan multi efek dalam pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara.

Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan. Dirinya meyakinkan bahwa Pendirian Untara ini memberikan multi efek bagi Kabupaten Tapanuli Utara dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Selain itu, dapat menggerakkan roda ekonomi kawasan Tapanuli dengan tumbuhnya permintaan tempat tinggal mahasiswa, kuliner, transportasi dan toko buku. 

"Semua ini akan bermuara juga memperkenalkan dan memajukan wisata di kawasan Tapanuli," jelas Nikson Nababan kepada wartawan di rumah dinas, Senin (1/2/2021) kemari.

Menurutnya, kehadiran Untara nantinya akan memberikan pilihan tambahan universitas sehingga menarik calon mahasiswa dari beragam penjuru nusantara, sebagai arena peningkatan sumberdaya manusia sekaligus bazar pertukaran budaya nusantara.  

"Sumut saat ini hanya memiliki empat perguruan tinggi negeri yaitu 3 universitas dan politeknik," sebutnya.

Ia mengatakan hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perlunya pendirian universitas untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi dan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pembangunan, khususnya di kawasan Tapanuli Raya.

Berdasarkan kajian studi kelayakan tim ahli Universitas Sumatera Utara (USU), pendirian Untara melalui transformasi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN)) Tarutung layak dilakukan. 

"Disebutkan kehadiran Untara malah diharapkan akan memberikan pilihan tambahan universitas sehingga menarik calon mahasiswa dari beragam penjuru nusantara, sebagai arena peningkatan sumberdaya manusia sekaligus bazar pertukaran budaya nusantara," sebutnya lagi.

Nikson Nababan juga menjelaskan bahwa tanggal 28 Januari 2021 kemarin telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo dalam mengusulkan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (Untara) dengan melampirkan kajian studi kelayakan pendirian Untara dari tim ahli Universitas Sumatra Utara (USU) dan kajian analisis dampak ekonomi dari PT Sucofindo.

"Selain itu, juga dilampirkan surat dukungan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattalitti, Ketua DPRD Sumatra Utara Baskami Ginting, Bupati dan Wali Kota sekawasan Tapanuli Raya, dan berbagai organisasi kemasyarakatan dan pemuda," ungkapnya. (DN)
Share:
Komentar

Berita Terkini