7 Tanaman Hias Cantik yang Sulit Dirawat

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Tanaman hias bukan hobi yang serta merta gampang. Beberapa jenis tanaman cantik masuk kelompok tanaman hias yang sulit dirawat. (iStockphoto/barbaraaaa)

Mediaapakabar.com
Merawat tanaman memang bisa menjadi sebuah hobi baru yang menyenangkan, terutama bagi para penggemar tanaman hias. Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata tidak semua tanaman mudah dirawat, karena ada beberapa jenis tanaman hias yang sulit dirawat.

Mengutip penuturan pakar tanaman hias Melinda Myers dari laman Real Simple, terdapat sejumlah penyebab yang membuat tanaman hias menjadi rumit perawatannya.


Faktor tersebut meliputi lingkungan tempat tanaman hias tumbuh yang kurang tepat, pencahayaan tidak memadai atau terlalu terang, serta kelembapan lingkungan.


Tanaman Hias yang Sulit Dirawat


Dilansir dari CNNIndonesia.com, diantara sejumlah faktor yang membuat tanaman hias sulit dirawat, terdapat beberapa jenis tanaman yang tergolong pada kelompok tersebut, di antaranya:


1 Ketapang Biola

Tanaman ketapang biola termasuk tanaman hias yang relatif sulit dirawat. (iStockphoto/Bogdan Kurylo)

Ketapang biola merupakan tanaman yang sangat populer, dengan nama latinficus lyratadan berasal dari Afrika. Karakteristik dari ketapang biola ini memiliki daun kaku serta lebar.


Myers menyebut bahwa ketapang biola termasuk ke dalam jenis tanaman yang cukup rumit dirawat, karena menyukai suhu udara dan tanah lembap, tapi tidak boleh terlalu sering disiram.


2. Cemara Norfolk

Cemara norfolk bisa jadi salah satu alternatif tanaman hias untuk dikoleksi (iStockphoto/Leisan Rakhimova)

Cemara Norfolk atau Araucaria heterophylla, yaitu tanaman berbulu halus yang banyak dicari pemburu tanaman hias karena mempunyai cabang unik dengan ukuran daun kecil.


Selain mempunyai ciri unik, cemara Norfolk sangat menyukai cahaya tinggi dan suhu lembap. Jadi, akan sulit dirawat jika memasuki musim hujan atau dingin karena yang bisa membuatnya mati.


3. Peace Lily

Tanaman hias peace lily masuk kelompok tanaman hias yang sulit dirawat (iStockphoto/oracul)


Sering dijumpai sebagai tanaman hias indoor karena berdaun cantik, peace lily atau Spathiphyllum juga termasuk tanaman yang banyak peminatnya.

Menurut Myers, peach lily menjadi salah satu tanaman hias yang sulit dirawat karena cukup sensitif apabila terkena cahaya matahari dan mudah layu apabila tidak sering disiram air.


4. Madagascar Dragon Tree


Dracaena marginata yang biasa disebut pohon dracaena, merupakan tanaman populer untuk dijadikan interior karena berukuran tinggi.


Sayangnya, pohon dracaena cukup ringkih perawatannya karena tidak suka sinar matahari langsung yang bisa membakar daun, serta membutuhkan media tanah dan udara yang lembap.


5. Gardenia


Mempunyai ciri berdaun hijau cerah serta aroma khas, tanaman hias gardenia ini ternyata cukup sulit untuk dirawat. Bahkan sangat rentan terhadap hama atau kutu.


Menurut Myers, gardenia suka cahaya terang dan kondisi tanah asam. Tapi saat musim hujan, di mana kelembapan serta cahaya menurun, gardenia bisa terhambat pertumbuhannya.


6. Croton


Ada juga tanaman hias croton atau puring, dengan corak daun warna-warni seperti oranye, kuning serta merah.


Namun kenyataannya, tanaman puring cukup sensitif terhadap cahaya redup juga angin. Bahkan ketika dipindah ke tempat lain, daunnya cenderung mudah rontok dan tidak berkilau.


7. Baby's Tears


Tanaman baby's tears memiliki ukuran yang cocok dijadikan dekorasi atau tanaman gantung. Tapi, meletakkan di dalam ruangan ternyata bisa menghambat pertumbuhannya.


Tidak hanya itu, baby's tears termasuk jenis tanaman hias yang sulit dirawat, karena cukup rumit untuk menjaga kondisi tanahnya supaya terus lembap, namun jangan terlalu basah. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini