5 Cara Menjaga Kesehatan Mata saat WFH

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. Penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat saat work from home. (Roman Drits/Barn Images)

Mediaapakabar.com
Pandemi membuat aktivitas banyak dilakukan secara daring dari rumah termasuk work from home atau WFH. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap sehat saat WFH.

Studi terbaru dari Specsavers menunjukkan, sebanyak 42 persen partisipan mengalami penglihatan yang menurun sejak pandemi berlangsung pada Maret 2020 lalu. Hal ini diperkirakan terjadi karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar seperti laptop, ponsel, dan TV dibandingkan sebelum pandemi.


Berikut sejumlah cara menjaga kesehatan mata saat WFH dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (18/02/2021).


1. Cahaya yang cukup

Pastikan Anda melihat layar dengan cahaya yang cukup. Pasalnya, cahaya akan mempengaruhi kerja pupil dan retina. Cahaya yang kurang membuat pupil harus bekerja lebih keras untuk melihat.


2. Jaga jarak

Jaga jarak tak hanya penting untuk mencegah Covid-19, tapi juga untuk mata. Jaga jarak saat melihat layar laptop, TV ataupun HP. Beri jarak sekitar 30-45 cm dengan pandangan mata sejajar dengan layar.


3. Beri jeda

Setelah melihat layar, beri jeda setiap 30 menit untuk melihat benda lain yang jauh. Misalnya, melihat ke luar rumah. Cara ini dapat merehatkan mata dari fokus yang terlalu lama melihat layar.


4. Mengedipkan mata

Menatap layar membuat intensitas mengedipkan mata berkurang signifikan. Oleh karena itu, coba-lah untuk selalu ingat mengedipkan mata.


Mengedipkan mata membantu mencegah gejala mata kering.


5. Minum air

Mata sebagian besar dibangun dari cairan. Oleh karena itu, konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat mata kering dan menyebabkan kerusakan.


Jika Anda mengalami gejala mata kering, obat tetes dapat digunakan sebagai pertolongan pertama. Jika sakit mata atau gangguan pada mata tak membaik, segera berobat ke dokter atau layanan kesehatan terdekat. (CNNI/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini