Taman Nasional Rawa Aopa Kebakaran, Belasan Hektar Lahan Terbakar

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Kebakaran di Taman Nasional Rawa Aopa (dok.KLHK) 

Mediaapakabar.com
Kebakaran terjadi di kawasan ekosistem savana Taman Nasional Rawa Aopa, Sulawesi Tenggara. Belasan hektar area terbakar.

"Telah terjadi kebakaran tanggal 26 sampai dengan 27 Januari di ekosistem savana Taman Nasional Rawa Aopa dan sudah dipadamkan. Penyebab kebakaran masih belum diketahui dan luas areal terbakar 12 hektare," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), SIti Nurbaya melalui keterangan tertulisnya, dilansir dari detik.com  Sabtu (30/1/2021).


Siti mengatakan pada Jumat (29/1), Taman Nasional Rawa Aopa kembali kebakaran. Pada hari tersebut, luas area yang terbakar tercatat 4,56 hektar.


"Kebakaran Jumat, 29 Januari 2021 terjadi pada Pukul 18.50 ditemukan adanya karhutla di dalam kawasan oleh tim brigade pengendalian TN (Taman Nasional) dan tim dilengkapi sarana-prasarana menuju titik area terbakar. Pukul 21.12 WITA karhutla berhasil dipadamkan," katanya.


Menurutnya, saat ini petugas masih bersiaga di lokasi. Pihaknya juga terus melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran.


"Anggota stand by di lokasi karhutla dan koordinasi dilaksanakan antara UPT Taman Nasional dan UPT Balai PPI Makassar dan Polsek dan Koramil. Menteri dan Dirjen Konservasi meminta Ka (Kepala) Balai untuk terus check penyebab kebakaran dan terus mengikuti perkembangan," tandasnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini