-->
    |
Follow Us :

Polisi Amankan 5 Terduga Teroris di Aceh, Diduga Terlibat Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan

Kali Dibaca
Ket Foto : Kombes Pol Winardy, Kabid Humas Polda Aceh memperlihatkan foto barang bukti bahan peledak dan dokumen yang diamankan dari lima terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di Aceh. (Kompas.com)

Mediaapakabar.com
Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan lima terduga teroris di Aceh. Kelima terduga teroris yang ditangkap di wilayah hukum Aceh tersebut masih satu jaringan dengan kelompok yang terlibat dalam peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan pada November 2019 lalu.

"Informasi dihimpun, kelima terduga teroris ini diduga terlibat dalam jaringan bom Polrestabes Medan, dan juga terlibat dalam pembuatan bom jaringan teroris yang ditangkap di wilayah Riau," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy dalam siaran persnya, dilansir dari Sindonews.com, Sabtu (23/1/2021).


Winardy menyebutkan, lima orang terduga teroris yang ditangkap Densus 88 kali ini diketahui berencana merakit bom untuk melakukan aksi teror di wilayah Aceh.


"Mereka juga berencana merakit bom untuk melakukan aksi di Aceh. Tapi peran mereka dalam aksi bom di Mapolrestabes Medan sedang didalami," kata dia.


Dari penangkapan terduga teroris di Kabupaten Aceh Besar, Banda Aceh dan Kota Langsa, Densus 88 mengamankan barang bukti berupa bahan peledak.


Masing-masing yakni 1 kilogram pupuk kalium nitrat, 250 gram the organic stop actived charcoal (bubuk arang aktif), 1 botol berisi 2.000 pcs peluru gotri silver cosmos 6 milimeter, dan beberapa potongan pipa besi.

Ket Foto : Polrestabes Medan pernah menjadi sasaran atau target dari aksi bom bunuh diri pada 13 November 2019 lalu. Peristiwa itu menyebabkan pelaku langsung tewas di lokasi kejadian. (Sindonews.com)
Densus 88 juga menemukan beberapa dokumen, yakni buku catatan berisi pesan ancaman terhadap TNI, Polri, pemerintah pusat dan Pemerintah Aceh.


"Terduga teroris itu juga terlibat dalam jaringan teroris pembuat bom di Riau yang ditangkap beberapa waktu lalu," kata Winardy.


Sekadar mengingatkan, Polrestabes Medan pernah menjadi sasaran atau target dari aksi bom bunuh diri pada 13 November 2019 lalu. Peristiwa itu menyebabkan pelaku langsung tewas di lokasi kejadian. (SC/MC)

Komentar

Berita Terkini