Ketua Kompolnas Pastikan Nama Calon Kapolri yang Beredar Masih Spekulasi

armen
Kamis, 07 Januari 2021 - 09:45
kali dibaca



Mediaapakabar.com-
Menko Polhukam sekaligus Ketua Kompolnas Mahfud Md, buka suara soal isu nama-nama pengganti calon Kapolri Jenderal Idham Azis yang sebentar lagi akan selesai masa tugasnya. Mahfud menilai nama-nama yang beredar selama ini hanya spekulasi.

"Belum sampai ke mana. Semua nama yang beredar adalah spekulasi. Finalnya diputuskan oleh Kompolnas untuk kemudian diserahkan kepada Presiden (Joko Widodo)," kata Mahfud saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Mahfud mengatakan nantinya nama yang diputuskan Jokowi akan dikirimkan ke Komisi III DPR RI untuk pertimbangan. Dia menegaskan nama-nama calon Kapolri yang selama ini beredar juga hanya lempar-lempar bola.

"Kemudian Presiden meminta pertimbangan ke DPR. Sebagai ketua Kompolnas saya pastikan bahwa semua nama yang beredar itu masih spekulasi, lempar-lempar bola," ucapnya.

Mahfud memastikan penyerahan nama dari Presiden Jokowi ke DPR akan dilakukan pada 11 Januari 2021. Namun penyerahan nama dari Kompolnas kepada presiden bisa dilakukan kapanpun.

"Dari Presiden ke DPR mungkin tanggal 11/1/2021 sudah diserahkan. Tapi dari Kompolnas atau ke Kompolnas kan kapan-kapan; bisa besok, bisa tanggal 10/1, bisa tanggal 11/1 pagi," ujar Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, topik pergantian pucuk pimpinan Polri semakin santer dibahas usai Kapolri Jenderal Idham Azis mengirimkan surat permohonan penunjukan pengganti dirinya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isu lain pun muncul, di mana pergantian Kapolri dilakukan sepakat dengan Wakapolri.

"Saat ini ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan untuk membuat satu paket pergantian Kapolri dan Wakapolri, yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis, dan sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Sigit menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy," Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, dalam keterangannya, Rabu (6/1/2021).

Pantauan IPW, gagasan paket Gatot Kapolri-Sigit Wakapolri semakin serius dibahas kalangan Istana atau kalangan dekat Presiden Jokowi, menjelang penyerahan nama calon Kapolri ke DPR. IPW sendiri meyakini Wanjakti Polri telah menyampaikan usulan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden.

"Diperkirakan usulan nama calon Kapolri itu sudah disampaikan Wanjakti Polri. Sementara usulan nama dari Kompolnas diperkirakan baru diserahkan pada Jumat 8 Januari 2021," ucap Neta.

Neta memprediksi penyerahan satu nama calon Kapolri dari Jokowi ke DPR akan dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, Idham Azis akan pensiun pada 25 Januari 2021 mendatang

Sumber :detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini