Ini Profil Ferdy Sambo Jenderal Bintang Dua Termuda yang Selalu Dampingi Sigit Listyo

REDAKSI
Kamis, 21 Januari 2021 - 13:42
kali dibaca
Ket Foto : Dampingi Sigit Listyo, Ini Dia Profil Ferdy Sambo Jenderal Bintang Dua Termuda. (Wartaekonomi.co.id)


Mediaapakabar.com - Sebelum mengikuti fit and proper test di DPR RI, Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo, selalu melakukan kegiatan safari ke beberapa tokoh Polri. Dalam kegiatan tersebut ada sejumlah jenderal Polri lainnya yang turut mendampingi dirinya.

Salah satu diantaranya, Irjen Pol Ferdy Sambo. Tidak hanya ikut di setiap kunjungan Listyo Sigit dalam mencari restu untuk maju sebagai calon Kapolri, Sambo juga hadir saat Tim Naskah Calon Kapolri menyambangi DPR pada Selasa (19/1/2021).


Namun, siapakah sosok Ferdy Sambo yang selalu mendampingi Listyo Sigit?


Irjen Ferdy Sambo merupakan jenderal bintang dua termuda di Korps Bhayangkara. 


Pria kelahiran 9 Februari 1973 itu, menyelesaikan pendidikan Akpol pada 1994.


Di angkatan 1994, Sambo bukan satu-satunya yang berpangkat Irjen. Tapi ada juga Suwondo Nainggolan yang kini menjabat sebagai Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakor Binmas) Baharkam Polri dan Adi Deriyan Jayamarta yang saat ini bertugas sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.


Namun jika dilihat dari usia, Sambo merupakan yang termuda karena dua rekannya tersebut lebih tua setahun darinya.


Sambo saat ini menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Jabatan itu ia emban sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November.


Saat dipromosikan dari Dirtipidum Bareskrim Polri ke Kadiv Propam, Sambo masih berpangkat Brigjen. Pangkatnya naik satu tingkat pada 4 Desember 2020 sesuai dengan surat telegram Kapolri nomor STR/ /XII/KEP./2020 tertanggal 3 Desember 2020.


Jejak karier Sambo lebih banyak di reserse. Ia pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat pada 2010, lalu dipromosikan sebagai Kapolres Purbalingga pada 2012 dan menjabat Kapolres Brebes pada 2013.


Sambo kembali berkutat pada dunia reserse pada 2015 sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Setahun kemudian pada 2016, ia dipromosikan sebagai Kasubdit IV Dittipudum Bareskrim Polri.


Karier Sambo kembali melonjak. Pada 2019 ia dipercaya mengemban tugas baru sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri.


Selama mengabdi untuk Polri, sejumlah kasus besar pernah ditangani oleh Sambo. Di antaranya mengusut teror bom Thamrin yang terjadi pada 2016, lalu memimpin penyidikan kebakaran gedung Kejaksaan Agung, serta ikut menyidik kasus Djoko Tjandra.


Sumber : wartaekonomi.co.id

Share:
Komentar

Berita Terkini