-->
    |
Follow Us :

Geruduk Mapolda Sumut, Garansi Minta Polda Sumut Tindaklanjuti Kasus Dugaan Korupsi CSR di Dairi

Kali Dibaca
Ket Foto : Massa Garansi Saat berorasi di Depan Mapoldasu,Tuntut Kasus Dugaan Korupsi Dana CSR Istri Bupati Dairi.


Mediaapakabar.comPuluhan massa mengatasnamakan Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) menggeruduk Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapolda Sumut), Jalan SM Raja, Medan Amplas, Jumat (15/1/2021).

Dalam aksinya, mereka menuntut penggunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Inalum kepada Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Dairi bernilai Rp 600 juta Tahun 2019.


Koordinator Aksi, Lutfi Wijaksono mengatakan, diduga kuat adanya permainan jahat demi untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok.


"Di mana seharusnya dana CSR tersebut dipergunakan dengan sebaik-baiknya dengan tujuan untuk menghasilkan dampak positif terhadap lingkungan dan meliputi masyarakat," ujarnya didampingi Ketua Garansi Henri Sitorus, Koordinator Lapangan M Abdi Nasution, usai aksi di depan Mapolda Sumut.


Lutfi menilai sesuai hasil tim investigasi di lapangan, dana CSR tersebut diduga kuat adanya mark up dan korupsi berjamaah demi untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok.


"Kami dari Garansi, meminta dengan tegas kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, cq Dir Krimsus Polda Sumut untuk menelusuri dengan sebaik-baiknya dalam hal kasus dugaan korupsi pada dana CSR yang diberikan oleh PT Inalum kepada Dekranasda Kabupaten Dairi Rp600 juta Tahun 2019," tegasnya.


Kemudian, lanjutnya, meminta dan mendesak Kapolda Sumut, agar menetapkan oknum-oknum yang terlibat dugaan korupsi dana CSR yang diberikan oleh PT Inalum kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dairi dan Dekranasda, diduga kuat melibatkan istri Bupati Dairi, Romy Mariani Simarmata.


"Mendesak Kapolda Sumut untuk memeriksa dan menetapkan tersangka oknum yang terlibat pada dugaan korupsi dana CSR dari PT Inalum Rp600 juta, diduga kuat  syarat dengan korupsi," ucapnya.


Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wshyudi SIK MH mengungkapkan, aksi tersebut diterima oleh pihak humas, T Matanari. Ia menyebutkan, segala aspirasi masyarakat akan diterima dan ditanggapi serta diteruskan kepada atasan. (MC/BOB)




Komentar

Berita Terkini