Buron Narkoba Paling Dicari di Dunia Berhasil Diringkus Polisi Belanda

REDAKSI
Minggu, 24 Januari 2021 - 10:14
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi penangkapan. (Istockphoto/D-Keine)

Mediaapakabar.com
Kepolisian Belanda menangkap pemimpin sindikat narkoba Asia yang masuk daftar buronan paling dicari, Tse Chi Lop.

Tse Chi Lop merupakan keturunan China yang lahir di Kanada. Dia ditahan pada Jumat (22/1) lalu oleh kepolisian Belanda atas permintaan kepolisian Australia.


Seperti dilansir Reuters, Kepolisian Australia melakukan investigasi dan menemukan fakta bahwa Tse Chi Lop menguasi perdagangan narkoba hingga US$70 miliar untuk kawasan ASia Pasifik.


Juru Bicara Kepolisian Belanda Thomas Aling mengatakan Tse akan diekstradisi ke Australia setelah mendapat persetujuan dari hakim. Aling mengatakan penangkapan dan penahahan dilakukan tanpa insiden apapun di bandara Schipol, Amsterdam.


"Dia ada dalam daftar paling dicari, dan dia telah ditahan berdasarkan informasi intelijen yang kami terima," ujar Aling dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu (24/01/2021).


Aling tak memaparkan lebih lanjut dan mendetail tentang Tse Chi Lop. Belum juga diketahui pengacara Tse Chi Lop untuk mendapatkan pernyataannya.


Tse, yang sebelumnya diketahui tinggal di Kanada lalu pindah ke Makau, Hong Kong, hingga Taiwan dalam beberapa tahun terakhir.


"Tse Chi Lop ini sebanding dengan El Chapo atau mungkin Pablo Escobar," ujar perwakilan Asia Tenggara dan Pasifik untuk organisasi kejahatan narkoba PBB (UNODC), Jeremy Douglas kepada Reuters pada 2019 silam.


Reuters melansir sindikat ini menjalankan bisnis narkoba yang mana anggotanya dikenal dengan julukan The Company. Penegak hukum menyebut sindikat itu dengan sebutan Sam Gor atau saudara nomor tiga dalam bahasa Kanton.


Kepolisian Australia menyatakan kelompok ini terhubung atau terlibat langsung setidaknya dengan 13 kasus perdagangan narkoba global sejak Januari 2015. (Reuters/CNNI)


Share:
Komentar

Berita Terkini