-->
    |
Follow Us :

Almarhum Asner Silalahi Ditetapkan KPU Pematangsiantar sebagai Wali Kota Terpilih

Kali Dibaca
Foto: Ketua KPU Pematangsiantar Daniel MD Sibarani memberikan SK penetapan kepada dr Susanti Dewayani di aula Sapadia Hotel, Kota Pematangsiantar, Kamis (21/1/2021). (Kompas.com)

Mediaapakabar.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar menetapkan pasangan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada Pilkada Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Pasangan tersebut berhasil unggul dengan perolehan 87.733 suara dalam Pilkada 2020.


Namun, penetapan ini hanya dihadiri oleh Wakil Wali Kota terpilih, yakni Susanti Dewayani.


Sebab, Wali Kota terpilih Asner Silalahi telah meninggal dunia.


Pada pleno penetapan KPU, almarhum Asner Silalahi diwakilkan oleh anggota keluarga yakni putra sulungnya, Sondi Viktor Silalahi (27).


“Kami ucapkan selamat dan izinkan kami juga mengucapkan ucapan turut berduka cita atas meninggalnya Wali Kota terpilih Ir Asner Silalahi,” kata Ketua KPU Pematangsiantar Daniel MD Sibarani dilansir dari Kompas.com, Kamis (21/1/2021).


Setelah penetapan calon terpilih, KPU akan mengusulkan pengesahan dan pelantikan Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota ke DPRD Pematangsiantar.


"Yang mana kita ketahui Wali Kota terpilih Asner Silalahi telah meninggal dunia, sehingga besok di usulan yang kita sampaikan, di surat pengantar kita sampaikan hal tersebut," ujar Daniel.


Sementara itu, Susanti Dewayani mengaku masih merasakan duka yang mendalam atas meninggalnya Asner Silalahi.


Dalam sambutannya, Susanti Dewayani mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Siantar yang telah memberikan dukungan dalam Pilkada.



“Pak Asner Silalahi tetap hidup dalam sanubari saya dan sanubari warga Kota Pematangsiantar,” kata Susanti.


Ia menyampaikan bahwa saat ini suasananya masih berkabung.


Meski begitu, menurut Susanti, cita-cita almarhum Asner akan tetap diwujudkan.


"Walaupun Bapak Asner telah meninggalkan kita, tapi visi misi itu akan tetap saya kerjakan. Karena itulah cita-cita almarhum untuk membuat perubahan yang lebih baik di Kota Siantar. Bagi saya itu adalah amanah yang paling berharga," kata Susanti.


Susanti berharap ke depannya dia dapat bekerja sama dengan banyak pihak dalam melakukan perubahan yang lebih baik di kota Pematangsiantar.


“Marilah kita bersama-sama mewujudkan cita-cita kita semua dan juga cita-cita besar almarhum Pak Asner," kata dia.


Sebelumnya, Asner Silalahi (59) meninggal dunia di RS Columbia, Kota Medan, pada 13 Januari 2021, sekitar pukul 17.30 WIB.


Ayah 3 orang anak ini meninggal dunia karena sakit sejak Desember 2020. Pasangan Asner-Susanti adalah calon tunggal di Pilkada Pematangsiantar 2020.


Paslon tunggal ini diusung 8 partai politik di DPRD Siantar dan berhadapan dengan kolom kosong. (KC/MC)

Komentar

Berita Terkini