Akhyar Dampingi Gubsu Saksikan Penandatanganan Kontrak & SPMK SPAM Regional Mebidang

REDAKSI
Jumat, 22 Januari 2021 - 14:27
kali dibaca
Ket Foto : Akhyar Dampingi Gubsu Saksikan Penandatanganan Kontrak & SPMK SPAM Regional Mebidang.

Mediaapakabar.com
- Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mendampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyaksikan Penandatanganan Kontrak & Penyerahan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Medan Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) Provinsi Sumut Tahun 2021 di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman No 41 Kelurahan Anggrung Kecamatan Medan Polonia, Jumat (22/1/2021).

Pembangunan SPAM Regional Mebidang Provinsi Sumut yang direncanakan selesai Tahun 2022 dan berkapasitas 1.100 liter/detik ini, diharapkan dapat segera terealisasi sehingga rakyat Sumatera Utara khususnya yang berada di wilayah Mebidang dapat segera terpenuhi kebutuhan air minum ini.

Usai menyaksikan Penandatanganan Kontrak & SPMK tersebut, Plt Wali Kota Medan mengatakan dengan adanya pembangunan SPAM di wilayah Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Medan.

Disamping itu, pembangunan SPAM Regional Mebidang ini juga diharapkan dapat segera selesai dibangun sehingga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Medan.

"Syukur alhamdulillah masyarakat yang ada di wilayah Mebidang akan mendapatkan pasokan penambahan air bersih sebanyak 1.100 liter/detik, dengan begitu defisit air bersih di Kota Medan akan terbantu dengan adanya penambahan ini," ucap Plt Wali Kota Medan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan permasalahan air minum di Sumatera Utara sudah terjadi sejak lama, hingga saat ini masih banyak rakyat Sumatera Utara yang belum mendapatkan ketersediaan air minum.

"Air merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia, rakyat Sumatera Utara sangat membutuhkan air. Saat ini, Sumatera Utara membutuhkan kapasitas 11.000 liter/detik, sedangkan yang tersalurkan saat ini hanya berkapasitas 7.000 liter/detik yang artinya masih kurang 4.000 liter/detik," kata Edy.

Lebih lanjut Gubernur Sumatera Utara mengatakan, Sumatera Utara yang memiliki lima sungai besar semestinya tidak mengalami kesulitan air. Untuk itu, Edy meminta kepada pihak yang terlibat agar mempercepat pembangunan SPAM Regional Mebidang sehingga rakyat Sumatera Utara khususnya wilayah Mebidang segera mendapatkan pasokan air.

"Daerah kita ini punya lima sungai besar tetapi malah kesulitan air. Ini ada SPAM yang bisa mengatasi masalah tersebut. Jadi kita harus percepat. Saya harap dengan Penandatanganan SPMK SPAM ini, kita dapat langsung bekerja untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dimana nantinya SPAM ini akan mengalirkan air bersih dengan kapasitas 1.100 liter/detik," tegas Edy.

Turut menyaksikan Penandatanganan Kontrak & Penyerahan SPMK SPAM Regional Mebidang Provinsi Sumut yakni Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Sumatera Utara Syafriel Tansier ST MT, Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Yudha Mediawan, M. Dev. Plg, Bupati Kabupaten Deli Serdang H Ashari Tambunan dan Sekda Kota Binjai M Mahfullah P Daulay. (MC/DN)
Share:
Komentar

Berita Terkini