-->
    |
Follow Us :

3 Hari ke Depan, Warga Sumut Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

Kali Dibaca
Mediaapakabar.comBalai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebut cuaca ekstrem yang melanda sejumlah wilayah di Sumatra Utara (Sumut) akibat gangguan Sirkulasi Arus Pusaran (Eddy) di Samudera Hindia bagian utara Aceh. Kondisi ini masih berpeluang terjadi hingga beberapa hari ke depan dan warga diminta waspada.

"Dalam tiga hari ke depan, kita perkirakan hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir akibat adanya arus pusaran (Eddy) di Samudera Hindia bagian utara Aceh," ujar Forecaster on Duty BBMKG Wilayah I Medan Utami Al Khairiyah dilansir dari iNews.id, Sabtu (16/1/2021).


Dia menjelaskan, potensi hujan terutama di lereng timur, pantai timur, wilayah pengunungan dan sebagian wilayah barat Sumut. Untuk waktu kejadian mayoritas pada sore, malam dan dini hari yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.


"Siang hari potensi hujan meliputi di Tapteng, Sibolga, Taput, Tapsel, Madina, Humbahas, Langkat, Deliserdang, Medan, Binjai, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Sergai, Tebing Tinggi, Batubara, Asahan, Labuhanbatu, Toba, Simalungun dan Samosir," katanya.


Sementara sore dan malam hari, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Langkat, Binjai, Deliserdang, Medan, Asahan, Serdangbedagai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Samosir, Taput, Humbahas, Madina dan Tapteng.


Dia menerangkan, suhu udara pekan ini berkisar 17 hingga 32 derajat celsius dengan kelembapan 60-98 persen. Angin berhembus dari timur laut menuju barat daya memiliki kecepatan 10 sampai 20 kilometer per jam.


"Untuk prakiraan gelombang laut di perairan meliputi utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Nias-Sibolga dan Samudera Hindia barat Nias sedang 1,25 hingga 2,5 meter," pungkasnya. (IC/MC)




Komentar

Berita Terkini