-->
    |
Follow Us :

Waduh, Takut dengan Kemajuan China di Luar Angkasa, Trump Rilis Kebijakan Baru

Kali Dibaca



Amerika Serikat khawatir dengan kemajuan yang dicapai China dan Rusia dalam mengesksplorasi ruang angkasa. Foto/NASA

Mediaapakabar.com
- Dalam perlombaaan mengeksplorasi ruang angkasa , Amerika Serikat menegaskan kembali ambisinya untuk menjadi leader di antara negara-negara dengan sains kuat

Hal itu terangkum dalam kebijakan baru Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump , terkait ruang angkasa. Kebijakan nasional baru itu menguraikan prinsip-prinsip dasar, dan prioritas utama, kegiatan luar angkasa AS yang beragam ke depannya.

Space.com menyebutkan, pejabat Gedung Putih menginformasikan, dokumen memiliki empat tujuan utama tingkat atas. Masing-masing, memperluas sektor luar angkasa komersial Amerika, meningkatkan kerja sama internasional, melanjutkan kegiatan sains dan eksplorasi yang ambisius, serta memperkuat keamanan nasional dan kepemimpinan Amerika Serikat di luar angkasa.

"Tujuan keempat itu sangat penting, untuk keamanan nasional mendasari semua yang kami lakukan," kata Scott Pace, Wakil Asisten Presiden dan Sekretaris Eksekutif Dewan Luar Angkasa Nasional (NSC), dalam pertemuan kedelapan NSC di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida.

"Dengan memetakan jalur yang jelas untuk aktivitas luar angkasa Amerika Serikat, kebijakan ini menegaskan kembali kepemimpinan kami dalam domain luar angkasa dan status kami sebagai negara penjelajah antariksa terkemuka di dunia," kata Trump dalam sebuah pernyataan, Rabu (9/12/2020).

"Kebijakan ini mewakili pendekatan seluruh-pemerintah yang mengakui ruang sebagai keharusan nasional," kata Trump lagi

Dalam pertemuan NSC tersebut, AS tampaknya khawatir akan nasib dominasinya di ruang angkasa. Ya dominasi yang telah lama dipegang Amerika Serikat belakangan ini mendapat ancaman serius. Mereka menyebut ancaman utama datang dari China dan Rusia.(Sindonews.com)
Komentar

Berita Terkini