Ternyata, Punya Banyak Teman Berkorelasi Positif dengan Kesehatan Lho

armen
Senin, 07 Desember 2020 - 10:17
kali dibaca



Punya Banyak Teman Ternyata Berkorelasi Positif dengan Kesehatan

Mediaapakabar.com
-Semua orang pasti ingin punya banyak teman. Dengan adanya teman, hidup bisa lebih berwarna dan bermakna. Tak hanya itu, punya banyak teman juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk menjalani kehidupan. Sangat sulit bagi manusia bisa hidup secara mandiri di dunia ini. Adanya teman bisa membantu seseorang untuk menjalani dan menghadapi tantangan dalam hidup.

Bersyukurlah jika Anda memiliki teman yang selalu ada di saat senang maupun susah, karena mereka bisa membantu menghadapi tantangan yang menghadang. Selain itu, Anda juga akan merasakan beragam manfaat sehat jika punya banyak teman atau sahabat.

Berikut manfaat luar biasa yang bisa Anda dapatkan dari punya banyak teman. 

1. Bikin Tubuh Jadi Lebih Sehat
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Claire Yang, sosiolog dari University of North Carolina, Chapel Hill, Amerika Serikat, orang-orang yang memiliki ikatan sosial dekat seperti pertemanan ditemukan memiliki kondisi tubuh yang sehat. Mereka memiliki tekanan darah, indeks massa tubuh, dan lingkar pinggang yang lebih rendah dan stabil. 

2. Mengatasi Penolakan dan trauma
Sebuah penelitian di Belanda yang dilakukan kepada siswa sekolah dasar mengatakan, kehadiran teman-teman membuat seorang anak jauh dari perilaku penolakan oleh teman sebaya lainnya. 

Meski teman-teman tidak bisa menghilangkan semua stres yang Anda rasakan, mereka tetap bisa memberikan motivasi dan dukungan yang membuat Anda bangkit.


3. Melawan Kanker
Menurut studi dari jurnal Cancer, wanita yang mengidap kanker ovarium dan memiliki banyak dukungan sosial dari teman-temannya bisa mendapatkan manfaat kemoterapi lebih efektif. 

4. Terhindar dari Usia Pendek
Holt-Lunstad, seorang profesor psikologi dari Universitas Brigham Young Julianne di Utah, Amerika Serikat, menganalisis data dari 150 studi tentang hubungan sosial dan kematian untuk sebuah makalah. 

Ia menemukan, orang yang memiliki lingkaran atau hubungan sosial lemah (tidak punya banyak teman/kerabat) memiliki usia yang lebih pendek. Sebaliknya, orang yang punya banyak teman akrab lebih panjang umur.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah studi mengatakan, ada hubungan langsung antara perasaan kesepian dan tekanan darah tinggi. Lalu, jika Anda dikelilingi dengan orang-orang yang mencintai dan setia memberikan dukungan, risiko untuk mengalami tekanan darah pun lebih rendah. 


6. Membantu Menjaga Pola Hidup Tetap Sehat
Lingkungan yang baik pastinya akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan kita. Ketika teman di sekitar Anda menjaga pola makan dan pola hidup sehat, pasti Anda juga akan terpicu untuk mengikuti hal tersebut.

7. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal
Ketika ingin mencapai berat badan ideal, dukungan dari teman dan orang-orang sekitar Anda sangatlah penting. Salah satunya dapat didukung dengan cara berolahraga bersama-sama.

Jika menjalani hal-hal tersebut sendirian, pasti akan terasa berat. Namun bila ada dukungan dari teman di sekitar, itu dapat memicu kita untuk tetap fokus pada tujuan untuk mencapai berat badan ideal.

8. Lebih Dekat dengan Tujuan hidup
Sedang berupaya untuk menghentikan kebiasaan buruk? Atau, sedang menciptakan kebiasaan baru yang lebih sehat dan bermanfaat? Jika iya, hal tersebut akan lebih mudah diraih jika Anda memiliki teman-teman untuk memberikan dukungan. 

Tak hanya itu, menurut penelitian dari University of Georgia di Amerika Serikat, memiliki teman yang merangkap sebagai mitra hidup membuat Anda 20 persen lebih dekat untuk mencapai tujuan atau cita-cita. 

Sumber :Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini