Selamat! China Jadi Negara Kedua yang Tancapkan Bendera di Bulan

armen
Sabtu, 05 Desember 2020 - 18:28
kali dibaca




Foto: CNSA/CLEP.

Mediaapakabar.com
-China menjadi negara kedua yang menancapkan benderanya di bulan, sekira 50 tahun setelah Amerika Serikat (AS) pertama kali melakukannya.

Foto-foto dari Administrasi Luar Angkasa Nasional China menunjukkan Bendera Merah berbintang lima tertancap di permukaan bulan yang tidak berangin. Foto-foto itu diambil oleh kamera di pesawat luar angkasa Chang'e-5 sebelum meninggalkan Bulan dengan sampel batuan pada Kamis (3/12/2020).

Dua misi bulan China sebelumnya memiliki bendera di lapisan pesawat, sehingga tidak ada bendera yang bisa ditancapkan ke bulan.

Media pemerintah China, Global Times mengatakan bahwa bendera itu mengingatkan pada inspirasi dan kegembiraan yang dirasakan dari misi Apollo AS.

AS adalah negara pertama yang menancapkan benderanya di bulan selama misi Apollo 11 pada 1969. Lima bendera AS ditancapkan selama misi ke bulan berikutnya hingga 1972.


Pada 2012 NASA mengutip gambar satelit yang menunjukkan bahwa lima dari bendera tersebut masih berdiri permukaan bulan. Namun, para ahli mengatakan bahwa kemungkinan besar bendera-bendera itu telah berubah jadi putih karena paparan cahaya matahari.

Chang'e-5 mengambil sampel batuan dan tanah dari orbit bulan 15 kilometer dari permukaan bulan dan mengirimkannya dalam modul yang diarahkan ke wilayah Mongolia dalam, China.

Pemimpin proyek Li Yunfeng mengatakan bahwa semua bagian dari bendera itu telah diberi fitur seperti perlindungan terhadap suhu dingin.

"Bendera nasional biasa di Bumi tidak akan bertahan di lingkungan bulan yang parah," kata pengembang proyek Cheng Chang sebagaimana dilansir BBC.(Okezone.com)

Share:
Komentar

Berita Terkini