Pelajari Corona Mutan di Inggris dan Afsel, Menkes Bentuk Tim

armen
Sabtu, 26 Desember 2020 - 09:26
kali dibaca




Mediaapakabar.com-Virus Corona (SARS-CoV-2) sudah bermutasi di Inggris dan Afrika Selatan. Untuk mengantisipasi virus Corona versi mutan itu, Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru yakni Budi Gunadi Sadikin, akan membentuk tim khusus.

"Kami sudah mendengar ada berita tersebut. Yang kami lakukan adalah kami meminta para ahli di Kemenkes untuk mempelajari strain tersebut," kata Budi dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube, Kementerian Kesehatan RI, Jumat (25/12/2020).

Budi menjelaskan, virus varian baru itu harus dihadapi dengan langkah ilmiah. Dia punya Wakil Menteri seorang dokter, yakni Dante Saksono Harbuwono. Budi percaya dengan kepakaran Dante.

"Saya sudah minta teman-teman untuk segera berkonsultasi dengan ahli biologi kedokteran untuk memastikan apa sebenarya yang terjadi," kata Budi.

Dante kemudian berbicara. Dia menilai informasi soal virus Corona mutasi baru ini harus dikomunikasikan dengan cara yang apik. Yang penting, masyarakat tidak panik.

"Jadi sebenarnya komunikasi yang positif itu lebih penting daripada kita mengangkat isu tenatang mutasi ini," kata Dante.

Yang lebih penting ketimbang masalah virus Corona jenis baru adalah penerapan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. 3M adalah langkah mencegah penularan virus Corona.

Sumber :detik.com





Share:
Komentar

Berita Terkini