Cocok Disajikan Saat Natal, Arsik Ikan Mas, Hidangan Khas Sumatera Utara yang Sarat Makna

armen
Jumat, 18 Desember 2020 - 10:12
kali dibaca



Foto: Instagram uintobing

Mediaapakabar.com
- Hidangan Natal rumahan ini merupakan khas masyarakat Sumatera Utara. Namanya arsik ikan mas yang penuh rempah dan sarat makna.

Membicarakan hidangan Natal rumahan tak melulu makanan Barat saja, tapi juga termasuk hidangan tradisional Indonesia yang identik sebagai hidangan Natal. Salah satu yang populer adalah arsik ikan mas dari Sumatera Utara.

Sesuai namanya, hidangan ini memakai ikan mas sebagai bahan utamanya. Ikan mas dimasak bersama ragam bumbu dan rempah, termasuk yang autentik Sumatera Utara seperti andaliman dan asam cikala.

Ikan mas dimasak dalam waktu lumayan lama sampai airnya menyusut dan dagingnya matang. Selain saat Natal, arsik ikan mas juga kerap disajikan dalam pernikahan adat Batak.

Seperti apa lagi keunikan arsik ikan mas dan kenapa hidangan ini cocok disajikan saat Natal? detikfood merangkum fakta arsik ikan mas seperti berikut:

1. Sejarah arsik ikan mas

Arsik ikan mas konon merupakan hidangan tradisional khas masyarakat Batak Toba di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara. Sudah sejak lama, hidangan ini diwariskan dari nenek moyang secara turun-temurun.

Arsik ikan mas awalnya bukan merupakan hidangan sehari-hari, melainkan hidangan istimewa yang hanya disajikan dalam upacara adat. Dikutip dari Negeriku Indonesia, penyajian arsik ikan mas tidak boleh sembarangan supaya nilai kesakralannya tetap dipertahankan.

Arsik ikan mas paling banyak dibuat dari ikan mas, meski sebenarnya juga bisa dibuat dari jenis ikan lain seperti ikan tongkol, kembung, dan kakap. Di Sumatera Utara sendiri, ikan mas yang diolah jadi arsik biasanya berasal dari Danau Toba bukan ikan mas ternakan.

Indonesia.go.id menyebut ikan mas hasil tangkapan nelayan dari Danau Toba lebih istimewa. Tekstur dagingnya lebih lembut, tidak berbau tanah, dan ukurannya lebih besar

2. Filosofi arsik ikan mas
Berawal dari hidangan istimewa untuk upacara adat, arsik ikan mas sarat akan makna. Arsik ikan mas bahkan punya filosofi tersendiri dalam berbagai rangkaian acara.
Misalnya saja ketika Natal, arsik ikan mas yang memakai ikan utuh menggambarkan sesuatu yang bersifat festive dan terlihat mewah. Hal ini pernah disebutkan mendiang Bondan Winarno, pakar kuliner Indonesia. Ia menyebut hidangan utuh melambangkan kesempurnaan dan kebersamaan yang lekat dengan Natal.

Selain itu, arsik ikan mas juga kerap disajikan dalam acara pernikahan adat Batak. Biasanya arsik disajikan di atas nampan besar bersama sayuran dan seonggok nasi putih. Arsik ikan mas nantinya akan diberikan pada pengantin.

Lalu kedua mempelai, orang tua, dan hula-hula bersama memegang ujung nampan arsik ikan mas. Mereka memanjatkan doa syukur kepada Tuhan

3. Dua bumbu unik arsik ikan mas
Pengolahan arsik ikan mas unik karena sisik ikan sengaja tidak dibersihkan. Ikan mas hanya dibuang bagian perutnya saja. Untuk menghilangkan bau amis, biasanya ikan mas direndam lama dengan air jeruk nipis dan garam sebelum diolah.

Setelah itu arsik ikan mas diberi banyak bumbu dan rempah. Dua diantaranya sangat identik dengan Sumatera Utara karena hanya bisa didapatkan di sana. Kedua bumbu itu adalah andaliman dan asam cikala yang membuat rasa arsik ikan mas unik.

Andaliman atau kerap disebut merica Batak diketahui tidak bisa tumbuh selain di sekitar Danau Toba. Andaliman ditemukan di hutan penuh semak-semak. Rasanya pedas menggigit dan getir di lidah. Andaliman memang banyak dipakai dalam masakan Batak.

Lalu asam cikala merupakan sumber rasa asam pada masakan Batak. Bentuk asam cikala mirip buah nanas dengan wangi menyerupai bunga kecombrang. Fungsi lain asam cikala pada proses pembuatan arsik ikan mas adalah menghilangkan bau amis ikan sebelum diolah.

4. Pelengkap arsik ikan mas
Untuk membuat arsik ikan mas, ikan yang sudah dibersihkan dimasak bersama bumbu halus seperti kemiri, kunyit, andaliman, bawang, cabai, dan jahe. Kemudian ditambahkan beberapa bahan seperti kacang panjang, daun singkong, dan bawang batak.

Setelah itu arsik ikan mas ditambahkan air dan dimasak dengan api sedang sampai matang dan bumbunya meresap. Selain cara tersebut, beberapa orang memasak arsik ikan mas dengan cara sedikit berbeda.

Mereka memasukkan sebagian bawang batak dan kacang panjang ke dalam perut ikan mas. Ada juga yang sengaja memakai ikan mas yang sedang bertelur. Konon cita rasa ikan ini lebih sedap dan gurih.

Sumber: detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini