Bank Dunia : Bansos Bikin 8,5 Juta Orang Indonesia Selamat dari Kemiskinan

armen
Jumat, 18 Desember 2020 - 13:07
kali dibaca



Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

Mediaapakabar.com
-Bank Dunia memberikan pujian pada program bantuan sosial (bansos) dari pemerintah Indonesia. Sebab, simulasi Bank Dunia menunjukkan bahwa tanpa adanya bansos, sebanyak 8,5 juta orang Indonesia bisa jatuh miskin akibat krisis Covid-19 tahun ini.

Hal ini menunjukkan bahwa jika diterapkan sepenuhnya dan ditargetkan dengan sempurna, paket bansos yang diberikan pemerintah dapat secara signifikan mengurangi dampak akibat krisis Covid-19.

"Tetapi penundaan dan kesulitan awal dalam menjangkau beberapa kelompok yang terdampak (terutama di sektor informal) sepertinya turut mengurangi dampak dari paket bansos pemerintah," tulis Laporan Bank Dunia pada Kamis(17/12/2020)

Hal lain yang disoroti adalah banyak orang yang awalnya tidak termasuk dalam daftar penerima bansos kemungkinan besar jatuh miskin, terutama mereka yang kehilangan pekerjaan atau bekerja di sektor jasa dengan frekuensi kontak yang intensif.

"Kehilangan pendapatan tenaga kerja yang diakibatkan hal ini dapat meningkatkan tantangan dalam keterjangkauan pangan dan ketahanan pangan, terutama di antara kaum miskin yang mengalokasikan sebagian besar pengeluaran mereka untuk makanan," terang laporan tersebut


Sumber :okezone.com
Share:
Komentar

Berita Terkini