-->
    |
Follow Us :

Waspada, Jika Berlebihan, Ragam Makanan Ini Bisa Menurunkan Kekebalan Tubuh Anda

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com
-Sistem kekebalan tubuh adalah modal awal yang Anda butuhkan untuk terhindar dari risiko penyakit. 

Untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal, banyak hal yang mesti Anda perhatikan. Salah satunya adalah mengenai makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Faktanya, terdapat beberapa makanan yang bisa menurunkan kekebalan tubuh. Makanan-makanan ini mesti dibatasi, agar Anda tidak mudah terserang penyakit.

“Makanan-makanan tersebut bisa memengaruhi sistem kekebalan jika dikonsumsi secara berlebihan,” kata dr. Devia Irine Putri. Lantas, apa saja yang termasuk sebagai makanan yang menurunkan kekebalan tubuh? 

Ragam Makanan yang Menurunkan Kekebalan Tubuh
Berikut ini adalah beberapa makanan yang menurunkan imunitas tubuh, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan:

1. Gula
Hampir tidak ada orang yang bisa lepas dari makanan mengandung gula. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda sebaiknya lebih waspada. 

Studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, seseorang yang mengonsumsi 100 gram gula atau lebih setiap hari mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh dr. Devia. Menurutnya, konsumsi gula yang terlalu tinggi dapat menurunkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksi dan bisa meningkatkan peradangan di dalam tubuh.

2. Garam
Makanan yang berasa asin memang bisa membuat lidah bergoyang. Sayangnya, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan asin atau mengandung garam terlalu banyak.

Studi terbaru dari University Hospital of Bonn, Jerman, mengatakan, uji coba yang dilakukan pada manusia dan tikus sama-sama berkesimpulan bahwa konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Senada dengan temuan tersebut, dr. Devia juga berujar bahwa makanan yang mengandung garam dapat meningkatkan jumlah interleukin (IL-7) sehingga terjadi peradangan di dalam tubuh.

“Akibat terjadi peradangan secara terus-menerus, sistem kekebalan tubuh bisa menurun,” jelas dr. Devia.


3. Minyak
Mulailah untuk membatasi atau menghindari makan gorengan dan makanan lain yang mengandung minyak tinggi. Layaknya gula dan garam, minyak juga tergolong sebagai makanan yang menurunkan kekebalan tubuh Anda.

Konsumsi minyak berlebih dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam melawan infeksi. Selain itu, minyak juga dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh. 

Tak heran, pola makan tinggi minyak sering dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas, bahkan kanker.

4. Makanan Rendah Serat
Mulailah untuk menghindari makanan yang tinggi kalori namun rendah serat, seperti makanan cepat saji. 

Tidak hanya dapat menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih makanan cepat saji dan jenis makanan rendah serat lainnya juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Serat memainkan peran yang penting dalam menjaga kestabilan bakteri baik di dalam saluran pencernaan. 

Apabila Anda kekurangan pasokan serat, kemampuan bakteri baik tersebut dalam menunjang fungsi dan sistem kekebalan tubuh bisa menurun.


5. Roti Putih
Roti putih ternyata juga termasuk sebagai makanan yang menurunkan kekebalan tubuh, lho. 

Menurut XPS, FMT, and NASM Certified Trainer dari Amerika Serikat, CJ Hammond, roti putih juga bisa memicu peradangan dan menurunkan fungsi tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Bahkan, bagi orang-orang yang mengalami alergi gluten, roti putih bisa memperparah cedera dan sepenuhnya menekan fungsi kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

6. Alkohol
Segera hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Sebab, salah satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research menemukan alkohol dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Studi yang sama juga menghubungkan konsumsi alkohol berlebih dengan peningkatan risiko penyakit sepsis, pneumonia, dan penyakit ARDS (Acute Respiratory Distress Syndrome).

7. Kafein
Kopi dan teh sebenarnya dapat membawa manfaat baik bagi tubuh. Namun, apabila dikonsumsi terlalu berlebihan, minuman mengandung kafein itu malah bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Kelebihan kafein dapat menyebabkan gangguan tidur. Padahal, tubuh membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk bisa beregenerasi dengan optimal. 

Dengan kata lain, gangguan tidur akibat kelebihan kafein adalah awal dari terjadinya proses peradangan yang ujung-ujungnya menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda.

8. Soda
Soda dan minuman berkarbonasi lainnya mengandung banyak gula dan zat-zat kimia yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh. 

Tidak hanya itu, soda juga umumnya memiliki kandungan fosfor yang mengikis kalsium di dalam tubuh. Padahal, kalsium berperan penting dalam menunjang keoptimalan kinerja sistem kekebalan tubuh.


Penyakit Akibat Sistem Kekebalan Tubuh Menurun
Selain membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit, sistem kekebalan tubuh yang rendah juga bisa menyebabkan hal-hal merugikan lain, seperti:

Tingkat stres yang cenderung lebih tinggi.
Perut cenderung bermasalah.
Luka lebih sulit sembuh.
Badan lemas dan mudah lelah.
Nyeri sendi.
Sakit kepala.

“Daya tahan tubuh yang optimal adalah kunci utama untuk tetap sehat dan produktif,” ujar dr. Devia.

Tips Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Agar Tetap Optimal
Agar kesehatan dan kualitas hidup Anda selalu terjaga, mulailah untuk lebih perhatian terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Jaga, agar fungsinya bisa tetap berlangsung dengan optimal.

Bagaimana cara menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal? Selain dengan membatasi makanan-makanan yang telah disebutkan, Anda juga perlu melakukan hal-hal berikut untuk menjaga sistem kekebalan tubuh:

Konsumsi makanan bergizi dan terapkan pola makan sehat.
Olahraga secara rutin dan teratur.
Cukup istirahat.
Hindari merokok.
Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari.
Kelola stres dengan baik.
Ada juga hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keoptimalan sistem kekebalan tubuh. Baca selengkapnya di artikel berikut ini: (8 Tips Menjaga Kesehatan agar Tak Mudah Sakit).

Sumber :Klikdokter.com
Komentar

Berita Terkini