-->
    |
Follow Us :

Panglima TNI Tunjuk Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangdam Udayana

Kali Dibaca

VIVA Militer : Mayjen TNI Maruli Simanjuntak

Mediaapakabar.com
-Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menunjuk anak menantu dari Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk memegang tongkat komando di wilayah teritorial baru, yaitu Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana.

Penunjukkan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjadi Komandan Paspampres sebagai Pangdam IX/Udayana telah tertera dalam SKEP Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 pada tanggal 18 November 2020 lalu.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dipercaya untuk melanjutkan tongkat komando yang sebelumnya dipegang oleh Mayjen TNI Kurnia Dewantara yang kini dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sementara masih dalam SKEP Panglima yang sama, posisi Komandan Paspampres saat ini diisi oleh Brigjen TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya menjabat Danrem 061/Surya Kencana (Bogor) Kodam III/Siliwangi.

Untuk diketahui, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak memiliki kesamaan dengan ayah mertuanya, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan. Mayjen TNI Maruli Simanjuntak merupakan Perwira Tinggi TNI berdarah pasukan tempur Kopassus.

Dalam karir militernya, Mayjen TNI Maruli memiliki berbagai rentetan pengalaman memimpin pasukan. Suami dari Paulina Pandjaitan itu merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1992. Dia tercatat pernah menjadi Komandan Detasemen Tempur (Denpur) Cakra pada tahun 2002 silam. Selain itu, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak pernah menjabat sebagai Asops Danjen Kopassus pada tahun 2014.

Tidak hanya itu, pria kelahiran Bandung 50 tahun silam itu, juga pernah menjabat sebagai Danrem O74/Warastratama Solo pada tahun 2016-2017 lalu. Kemudian, dari Solo, Maruli Simanjuntak langsung masuk istana negara dengan menduduki jabatan Wadanpaspampres di tahun 2017-2018.

Kemudian, pada tahun 2018, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Kasdam IV/Diponegoro. Kemudian di akhir tahun 2018, dia kembali lagi ke Istana Negara, untuk menjabat Komandan Paspampres menggantikan Dan Paspampres sebelumnya, Mayjen TNI (Mar) Suhartono yang dipercaya menjabat Dan Korps Marinir pada tahun 2018.

Sumber :Viva.co.id
Komentar

Berita Terkini