Pangdam I/BB Cek Kesiapan Yonif 131/Braja Sakti Dalam Rangka Pratugas Pamtas RI-PNG di Wilayah Papua Tahun 2020

Media Apakabar.com
Rabu, 11 November 2020 - 20:09
kali dibaca

Mediaapakabar.com-
Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah, M.A, M.Sc dan rombongan Cek Kesiapan Yonif 131/Braja Sakti Dalam Rangka Pratugas Pamtas RI-PNG di Wilayah Papua Tahun 2020 Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (10/11/2020).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB menyampaikan tujuan latihan persiapan pratugas untuk membekali pengetahuan serta keterampilan, dengan pencapaian tingkat menguasai dan mahir, sebagaimana sasaran yang telah ditetapkan dalam Direktif latihan melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-PNG di wilayah papua.  

“Saya meyakini, dengan dilandasi semangat dan disiplin serta kesungguhan melaksanakan latihan, maka kalian akan mampu menjawab tantangan tugas mulia, yang menjadi kehormatan bagi setiap prajurit. Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan oleh bangsa dan Negara”, tegas Pangdam.

“Kita ketahui bahwa  tugas TNI Angkatan Darat semakin kompleks dan tidak ringan, dikaitkan dengan perkembangan terakhir situasi keamanan di wilayah papua. Permasalahan yang dimungkinkan timbul antara lain masih sering terjadinya aksi dari kelompok sipil bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI serta masih terjadinya tindakan-tindakan illegal dan pergeseran patok di wilayah perbatasan darat RI-PNG”, Tambahnya.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan, situasi yang kurang kondusif sering dimanfaatkan oleh kelompok yang memiliki kepentingan tertentu maupun kelompok yang tidak puas terhadap kebijakan pemerintah, untuk melawan dan mengganggu jalannya program pembangunan di papua, sehingga semakin memperkeruh situasi yang ada.  

Oleh karena itu, Satgas Yonif 131/Braja Sakti harus memiliki mutu dan kualitas yang mumpuni. Salah satu upaya tersebut adalah dengan selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan olah keprajuritan, melalui belajar dan berlatih dengan benar dan serius, untuk menghindari adanya korban personel latihan, pungkas Mayjen TNI Irwansyah.

Turut hadir pada acara tersebut Kapoksahli Pangdam I/BB Brigjen TNI Jhon Sihombing, Danrem 032/Wbr, Asintel Kasdam I/BB, Asops Kasdam I/BB serta Danyonif 131/BS. (dn)

Share:
Komentar

Berita Terkini