Menko Luhut Targetkan Vaksinasi Covid-19 di Pekan Ketiga Desember 2020

armen
Sabtu, 07 November 2020 - 19:35
kali dibaca




Mediaapakabar.com
-Pemerintah melalui PT Bio Farma merampungkan proses uji klinis fase ketiga vaksin Covid-19 di Bandung, Jawa Barat. Pengembangan vaksin itu merupakan bentuk kerjasama dengan Sinovac Ltd asal China.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, program vaksinasi terpaksa molor dari jadwal sebelumnya, yaitu November. Ini karena untuk bisa melakukan vaksinasi, Pemerintah Indonesia juga akan menggunakan persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/ EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Tadi Presiden (Jokowi), telepon saya, soal vaksin sudah dapat. Rencananya yang minggu ke dua November bisa saja tak tercapai, namun bukan barangnya tidak siap. Tapi emergency use authorization belum bisa dikeluarkan BPOM," kata Luhut dalam acara di Lemhanas disiarkan di YouTube, beberapa waktu lalu, Sabtu (7/11/2020).

Dia menargetkan, proses vaksinasi itu akan mulai dilakukan di Indonesia pada pekan ketiga Desember 2020.

"Kami akan melakukan vaksinasi di minggu ketiga Desember," ujarnya.

Dia menjelaskan, vaksinasi perdana akan difokuskan kepada 9 juta orang di wilayah yang berkontribusi besar dalam menyumbang kasus Covid-19.

"Di Jakarta, misalnya, ada sejumlah area yang kami percaya berkontribusi besar pada kasus Covid-19 dan berikan mereka suntikan," ujarnya.

Sumber : Okezone.com.
Share:
Komentar

Berita Terkini