-->
    |
Follow Us :

Jutaan Pekerja Muda di PHK Akibat Pandemi, Airlangga: Kita Carikan Solusi

Kali Dibaca



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto. Foto/SINDOnews

Mediaapakabar.com-Terjadinya ledakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat resesi ekonomi terdampak pandemi Covid-19 mendapat respon dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) rata-rata korban PHK didominasi oleh laki-laki muda dibandingkan perempuan.

PHK dadakan tersebut menambah angka pengangguran di RI. Pemerintah pun akan terus berupaya agar keadaan ekonomi semakin membaik sehingga dapat menyediakan kembali lapangan kerja. "Lanjut, ya ini kita memang tekanan utama kita berada pada lapangan kerja, di mana lapangan kerja ini jumlah pengangguran masih sekitar 5%," kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (5/11/2020).

Menurut dia permasalahan tersebut menjadi tantangan pekerja formal dan informal. Apalagi ketersediaan lapangan kerja tahun ini masih sangat rendah. Padahal ada sekitar 2,9 juta membutuhkan pekerjaan di mana 1,7 juta lulusan perguran tinggi dan sekitar 1,3 juta lulusan SMK. "Ini yang perlu dicarikan jalan keluar untuk penciptaan lapangan kerja," kata dia.

Sumber :Sindonews.com

Komentar

Berita Terkini