Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

armen
Minggu, 15 November 2020 - 10:13
kali dibaca
Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Mediaapakabar.com-Bibir kering dan pecah-pecah memang bisa bikin tak nyaman. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bibir adalah bagian tubuh yang kerap kurang diperhatikan. Padahal, bagian kulit di bibir lebih tipis dan rentan mengalami gangguan. 

Bibir juga memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit sehingga tidak dapat menjaga kelembapan sendiri. Hal inilah yang menyebabkan bibir mudah kering. Selain itu, bibir kering dapat mencetuskan masalah lain, yaitu bibir pecah-pecah bahkan hingga berdarah dan timbul nyeri. 

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah, di antaranya:

Struktur Kulit Bibir yang Berbeda 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulit bibir hanya memiliki 3-5 lapisan dan lebih tipis dibandingkan bagian kulit lainnya. Hal ini menyebabkan kulit bibir rentan mengalami kering. 

Kurang Cairan
Kecukupan cairan tubuh amat berpengaruh pada kondisi kulit termasuk kulit bibir. Bila Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, kulit bibir juga akan menjadi kering dan pecah-pecah. 


Kebiasaan Menjilat Bibir
Hal lain yang menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah adalah kebiasaan menjilat bibir. Banyak yang mengira menjilat bibir akan membuat kulit bibir menjadi lembap. Padahal sebaliknya, kulit justru akan semakin kering. Hal ini terjadi karena air liur mengering dan turut menarik cairan alami dari kulit. 

Kebiasaan Menggigit atau Mengelupas Kulit Bibir 
Kebiasaan menggigit atau mengelupas kulit bibir dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Kulit bibir yang tipis akan semakin tipis dan semakin mudah rusak bila kebiasaan ini diteruskan. Lebih jauh lagi, proses penyembuhannya pun akan semakin lama. 

Tidak Merawat Kulit Bibir 
Kulit bibir juga termasuk bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, angin, dan polusi. Karenanya, bibir pun perlu dirawat sebagaimana bagian tubuh yang lain agar tidak terjadi bibir kering dan pecah-pecah. 


Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan bibir lembap dan sehat:

Gunakan Pelembap Bibir yang Tepat 
Saat ini sudah tersedia berbagai pilihan pelembap bibir. Akan tetapi, Anda harus memilih produk dengan kandungan yang tepat, misalnya ceramide, petrolatum, shea butter, petroleum jelly. 

Hindari lip balm dengan kandungan kampor, eukaliptus, menthol, dan asam salisilat karena kandungan tersebut dapat mengiritasi kulit bibir. Selain itu, pilih juga lip balm yang tidak mengandung pewangi atau rasa tertentu untuk menghindari iritasi. 

Rutin Aplikasikan Pelembap Bibir 
Aplikasikan pelembap bibir saat sebelum tidur dan beberapa kali di siang hari. Oleskan lip balm terutama di bagian yang kering dan pecah. 

Pilih Pelembap Bibir yang Mengandung Tabir Surya
Karena bibir pun terpapar sinar matahari, jadi penting untuk memilih pelembap bibir dengan kandungan SPF minimal 30. Hal ini dapat mencegah iritasi bibir akibat sinar matahari.  

Minum Air Cukup 
Jangan lupa untuk selalu memastikan kecukupan asupan cairan setiap harinya. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari. 

Hentikan Kebiasaan Menggigit, Menjilat, atau Mengelupas Bibir 
Kebiasaan menggigit, menjilat dan mengelupas bibir hanya akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. Jadi, bila ingin bibir sehat, hentikan kebiasaan tersebut. Alihkan dengan mengoleskan lip balm. 

Hentikan Kebiasaan Menahan Benda Berbahan Metal dengan Bibir
Klip kertas atau jepit dapat mengiritasi bibir yang sensitif. Karena itu, hindari menahan atau menggigit benda tersebut dengan bibir. 

Berhenti Merokok 
Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir iritasi, kering, dan pecah-pecah. Karena itu, segera hentikan kebiasaan merokok Anda.  

Konsumsi Vitamin C 
Salah satu vitamin yang dapat membantu regenerasi kulit dan menyembuhkan luka adalah vitamin C. Karena itu, rutin konsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C bisa membuat bibir lebih sehat.  

Sumber :Klikdokter.com

Share:
Komentar

Berita Terkini