Bupati Taput Serahkan Bantuan BBR dan Isi Huntara kepada 34 KK Korban Kebakaran

armen
Jumat, 13 November 2020 - 13:35
kali dibaca



Foto : Bupati Taput Nikson Nababan berikan bantuan kepada korban kebakaran di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati

Mediaapakabar.com
-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung dan Kadis Sosial Irwan Hutabarat serta Kepala BRI Cabang Tarutung Zul Hendra menyerahkan Bantuan Bahan Rumah (BBR) dan Isian Hunian Sementara (Isi Huntara) kepada 34 Kepala Keluarga korban kebakaran, bertempat di Sopo Rakyat Kanopi Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung, Jumat (13/11)

Sebanyak 34 KK penerima bantuan tersebut merupakan korban kebakaran yang terjadi dalam kurun waktu mulai bulan Desember 2019 sampai dengan Bulan Juni 2020 yang berasal dari 9 kecamatan, yaitu Tarutung, Sipoholon, Parmonangan, Pagaran, Sipahutar, Siborong-borong, Muara, Pangaribuan dan Purbatua.

"Tetap bersyukur atas perhatian Pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya dan selalu berdoa agar covid ini segera berlalu. Saat ini banyak pelaksanaan pembangunan oleh Pemerintah tersendat dan tertunda termasuk dana APBD kita telah terkuras untuk penanganan covid," ucap Bupati usai penyerahan bantuan secara simbolis.

"Bantuan ini merupakan tindak lanjut atas kunker Bapak Menteri Sosial Juliari Batubara ke Tapanuli Utara pada bulan Januari lalu, kemudian kita surati agar berkenan memberikan perhatian kepada para korban bencana sosial dan kebakaran sehingga saat ini telah realisasI. Semoga bantuan ini memberikan dampak besar untuk membangun kembali rumah yang telah rusak, gunakanlah bantuan ini dengan baik. Apabila ada dana yang lebih ataupun rumahnya sudah dibangun gunakanlah untuk hal yang produktif untuk bisa menghasilkan dalam peningkatan perekonomian keluarga. Kita semua selayaknya berterimakasih atas perhatian Pemerintah Pusat ini," akhir arahan Bupati.

Pada kesempatan sebelumnya, Marasi Gultom yang mewakili penerima bantuan menyampaikan rasa syukur atas perhatian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melalui bantuan ini. "Semoga Tuhan memberikan kesehatan dan menambah kebijaksanaan kepada Bapak Bupati dalam membenahi dan semakin memajukan Tapanuli Utara untuk semakin bertambah sejahtera, terimakasih juga kepada Pemerintah Pusat yang senantiasa memberikan perhatian kepada kami para korban kebakaran yang terjadi pada waktu-waktu lampau."

Dalam laporan Kepala Dinas Sosial Irwan Hutabarat menjelaskan besarnya jumlah bantuan BBR yang diberikan berdasarkan jenis kerusakan yang dikelompokkan 2 kategori, yaitu rusak berat sebanyak 27 KK menerima bantuan sebesar Rp.  25.000.000,00 dan rusak ringan sebanyak 7 KK menerima sebesar Rp. 5.000.000,00. Selain itu, kepada 34 KK tersebut, juga diberikan bantuan Isi Huntara sebesar Rp. 3.000.000,00.

"Total bantuan ini sebesar Rp. 812.000.000,00 merupakan dana stimulan dari Kementerian Sosial RI yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal layak huni bagi para korban bencana sosial yang merupakan tindak lanjut Surat Bupati Tapanuli Utara. Seluruh bantuan diberikan berupa uang tunai yang disalurkan ke rekening masing-masing penerima," jelas Irwan Hutabarat.(ganda)


Share:
Komentar

Berita Terkini