Wabup Taput Pimpin Rapat Pembinaan Reformasi Birokrasi dan SAKIP

Media Apakabar.com
Jumat, 09 Oktober 2020 - 20:59
kali dibaca
Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat Pimpin Rapat Pembinaan Reformasi Birokrasi dan SAKIP di aula mini kantor Bupati


Mediaapakabar.com- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si melalui Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat, SH yang didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung, Asisten III Satya Dharma Nababan dan Kepala Bagian Organisasi Marihot Simanjuntak memimpin Rapat Pembinaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), bertempat di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung (Jumat, 09/10/2020). 

Pada rapat yang dihadiri seluruh OPD dan Camat se-Tapanuli Utara, Wakil Bupati tekankan setiap pejabat mengerti dan fasih atas tugas pokok dan funsi masing-masing.

"Kekurangpahaman akan komitmen dalam pelaksanaan tugas masing-masing akan mempengaruhi penilaian kinerja kita sehingga menimbulkan kesan Pemerintah tidak berbuat. Kita berupaya setiap tahun harus ada peningkatan kinerja setiap OPD, harus mampu menjabarkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sesuai tupoksi masing-masing dalam bentuk program dan kegiatannya. Bapak Bupati berharap kita memperoleh nilai terbaik, diminta setiap OPD mampu menjabarkan tugas dan fungsinya dengan indikator yang jelas sesuai dengan RPJMD maupun Renstra," tegas Wabup.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara juga mengundang narasumber secara daring dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Ronal Andrea Annas.

Asisten Deputi menjelaskan pentingnya menyamakan persepsi dengan perubahan paradigma apa yang perlu diinformasikan pada SAKIP, bukan hanya sekedar besaran nilai input (nominal kegiatan) tapi berbasis pada kinerja yang didukung manajemen kinerja. "Managemen ini diawali dengan perencanaan yang baik, salah satunya dengan konsep Pohon Kinerja," sebagian kutipan penjelasan Ronal Andrea melalui aplikasi virtual.

Wakil Bupati kembali tekankan seluruh OPD untuk segera melakukan perbaikan atas laporan SAKIP yang akan dilakukan evaluasi pada waktu dekat ini.

"Saya minta semua berkaca pada diri sendiri, apa kita sudah mampu melaksanakan tugas yang diberikan kepada kita? Diminta keseriusan kita seluruhnya sehingga ada peningkatan pada penilaian SAKIP ini, kita harus sebagai Super Tim. Berbagai prestasi yang diraih Bupati dalam beberapa tahun ini harus ditunjukkan juga melalui peningkatan penilaian SAKIP ini," ucap Wakil Bupati sekaligus menutup pertemuan tersebut.(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini