-->
    |
Follow Us :

Satgas Covid 19 Kota Medan Jaring Puluhan Warga Tak Pakai Masker di Sejumlah Titik

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-
Tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan menjaring puluhan warga saat menggelar razia di sejumlah titik di kota Medan, Senin (19/10/2020).

Seperti di Jalan Letda Sujono Kelurahan Bandar Selamat Kecamatan Medan Tembung, persisnya di depan Polsek Percut Sei Tuan, tim Satgas Covid 19 bekerja sama dengan Satpol PP Kota Medan TNI/Porli dan unsur Kecamatan Medan Tembbung masih menemukan sejumlah warga yang tidak menggunakan masker.

Begitu juga di Jalan Gatot Subroto Medan, di tempat ini paling tidak, tim ada menemukan sebanyak 48 warga yang berhasil terjaring karena tidak menggunakan masker.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 memberhentikan pengendara yang tidak menggunakan masker. Petugas kemudian mengarahkan para pelanggar tersebut pada posko untuk dicatat identitas dirinya.

Bagi mereka yang tidak membawa kartu identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP), petugas kemudian meminta pelanggar untuk push up atau membaca teks Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sedangkan bagi yang membawa KTP, maka petugas akan menyita KTP pelanggar dan selanjutnya meminta pelanggar untuk mengisi formulir. Petugas kemudian meminta warga untuk mengambil KTP masing-masing di kantor Satpol PP Kota Medan, sesuai dengan jadwal yang tertera pada formulir.

Dari razia yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB tersebut, terdapat sekitar 71 warga yang tidak menggunakan masker dan tidak memiliki KTP dan 13 warga tidak menggunakan masker namun memiliki KTP.

Kabid Tibum Satpol PP Kota Medan, Reyes Sihombing, didampingi Kasop Satpol PP Kota Medan, DJ Tamba, mengatakan, razia yang digelar tersebut melibatkan Satpol PP Kota Medan, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo Kota Medan, TNI-Polri dan pihak kecamatan setempat.

Reyes Sihombing mengatakan, setiap harinya Tim Satgas Penanganan Covid-19 melakukan razia masker di berbagai titik di Kota Medan. “Tidak hanya pagi dan siang hari. Namun tim bekerja hingga malam hari, bahkan sampai jam 3 dinihari. Banyak petugas kita libatkan. Seperti saat ini, ada sekitar 100 petugas gabungan yang terlibat,” ujarnya.

Di samping tidak menggunakan masker, tim juga menemukan warga yang menggunakan masker tidak sesuai standar yang ditentukan pemerintah. Pemerintah sendiri telah meminta agar masker yang dikenakan terdiri dari 2 atau 3 lapis. Terhadap hal ini, petugas mengingatkan warga tersebut untuk mengganti maskernya dengan yang sesuai standar. “Ada juga yang membawa masker tapi tidak menggunakan. Ini juga kita kasih peringatan,” ujarnya.

Dalam razia kali ini, Tim Satgas Penanganan Covid-19 juga membagikan sekitar 100 masker kepada warga.

Reyes mengakui jika kesadaran warga untuk menggunakan masker di masa pandemi Covid-19 ini masih kurang. “Seharusnya masker ini sudah menjadi istri kedua bagi mereka. Kemana mereka pergi, harus membawa dan mengenakan masker. Karena dengan mengenakan masker ini akan mencegah menerima atau mengeluarkan,” ujarnya.

Reyes juga meminta warga untuk mematuhi protokol kesehatan yang di antaranya menggunakan masker.

“Kita menghimbau warga, tolong pakai masker. Kami petugas juga capai berdiri seperti ini. Bukan hanya pagi, siang saja kami bertugas. Tapi juga malam, bahkan sampai jam 3 pagi. Kami berharap warga juga mau membantu Tim Satgas Penanganan Covid-19. Jangan sepele dengan virus Corona ini. Kenakan masker, di samping rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” ujarnya.(panca)

Komentar

Berita Terkini