-->
    |
Follow Us :

Profesor Chryshnanda Dwilaksana: Kaum Muda Kritis Kreatif sebagai Patriot dan Pembaharuan

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com
-Kaum muda menjadi harapan pembaharu penerus perjuangan yang membangkitkan semangat bagi perbaikan dan kemajuan bangsa. Kaum muda yang pada masa sumpah pemuda menggelorakan kemerdekaan bagi bangkitnya bangsa ini untuk merdeka dari penjajahan. 

Kaum muda dengan spirit jiwa patriotisme mendobrak kemapanan kenyamanan mungkin juga cara dan gaya lama yang mungkin aus atau sudah bukan jamannya. Kaum muda sebagai kaum yang kritis kreatif sebagai patriot semangat belajar dan memperbaiki kesalahan dimasa lalu terus ditanamkan. 

Keberanian untuk siap menghadapi tuntutan tantangan bahkan ancaman di masa kini dari lokal hingga global.  Disiapkan untuk terus berjuang menyiapkan masa depan yang lebih baik. Kaum muda sebagai penerus bangsa kecerdasannya tidak diragukan yang mengawal agar kecerdasannya mampu menjadi pilar bangsa adalah perlunya keutamaan. Yaitu sadar sebagai anak bangsa untuk mampu menjadi generasi yang tercerahkan dan mampu menjadi pencerah yang terus mencerahkan. Keutamaan bagi kaum muda untuk :

1. Bertaqwa kepada Tuhan YME;
2.Memiliki jiwa nasionalisme dan menjaga pilar bangsa ( Pancasila, UUD 45, NKRI, dan kebhinekaannya);
3. Mampu menampilkan sebagai sosok pembelajar yang profesional, cerdas, bermoral dan modern;
4. Berpikir kritis jujur sebagai pejuang kemanusiaan yang peka peduli dan berbela rasa bagi semakin manusiawinya manusia;
5. Kreatif inovatif sebagai insan yang transformatif yang turut berjuang dalam mencerdaskan kehidupan bangsa;
6. Memiliki integritas komitmen konsisten dalam kebaikan dan memperjuangkan untuk perbaikkan;
7. Berani dan mampu menjadi simbol atau ikon perubahan;
8. Berani dan mampu melawan bahkan memerangi segala sesuatu yang merusak bangsa (narkoba, sex bebas, anarkisme, sara, segala bentuk kejahatan);
9. Menjaga dan merawat warisan dan nilai nilai luhur bangsa.

Masih banyak lagi yang dapat dilakukan kaum muda sebagai patriot di era milenial. Kekuatan dan spirit pembaharuan menjadi keunggulan dan ketangguhan dalam mendukung tetap berdaulat, berdaya tahan dan berdaya saing bangsanya. 

Sumpah pemuda menjadi inspirasi sepanjang jaman dari generasi ke generasi yang terus untuk diwarisi bagi terjaga dan tumbuh berkembangnya peradaban di bumi pertiwi ini. 

Kaum muda dari tentara pelajar hingga penggerak penggerak kemerdekaan hingga reformasi telah menorehkan tinta emas dalam sejarah bangsa. Kekuatan pemuda akan terus menginspirasi dari kekritisannya kreatifitasnya  sebagai wujud patriotisme yang tangguh dan unggul sebagai generai penerus.******
Komentar

Berita Terkini