-->
    |
Follow Us :

Kasus Konfirmasi Covid-19 di Sumut Capai 12.125 Orang

Kali Dibaca
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah

Mediaapakabar.com- Penambahan kasus konfirmasi Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) di Sumatera Utara (Sumut) belum menunjukkan penurunan. Pasalnya, hingga 20 Oktober saja, jumlah kasusnya mencapai 12.125 orang. 

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah mengatakan jumlah tersebut didapat setelah 90 orang kembali dinyatakan positif terinfeksi virus corona melalui pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR). 

"Kami meminta agar masyarakat lebih menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebarannya. Bahkan, sebanyak 90 orang lagi yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga totalnya mencapai 12.125 orang," katanya, Rabu (21/10). 

Aris juga menghimbau agar masyarakat lebih peduli terhadap protokol kesehatan, seperti 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan  dengan sabun. 

Aris menjelaskan, untuk jumlah pasien yang sembuh, setiap harinya juga ada peningkatan. Saat ini, sudah ada 9.815 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

"Meski begitu, masih terdapat pasien Covid-19 yang meninggal dunia. Angkanya naik menjadi 507 orang, sedangkan angka suspek bertambah 3 orang menjadi 1.034 orang.  Begitu juga dengan spesimen bertambah 2.777 menjadi 123.070 sampel," jelasnya. 

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Mayor Kes dr Whiko Irwan D SpB menambahkan, berdasarkan hasil survei BPS tanggal 7-14 September 2020 menunjukan masih ada 17 persen responden yang yakin atau sangat yakin dirinya tidak tertular Covid-19.

Masyarakat juga diharapkan menjadi garda terdepan memutus rantai penularan Covid-19, dengan menerapkan iman, aman dan imun. Whiko mengungkapkan, iman diartikan sebagai menjalankan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing. Sedangkan Aman diartikan sebagai menerapkan protokol kesehatan. Sementara imun diartikan sebagai senantiasa menjaga kesehatan mental, rajin berolahraga, makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

“Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus rantai penularan,” ujarnya. (dd/panca)

Komentar

Berita Terkini