Harapan Bupati Nikson dan Konsep Food Estate Bagi Masyarakat Taput

Media Apakabar.com
Rabu, 28 Oktober 2020 - 15:07
kali dibaca

Mediaapakabar.com- 
Tapanuli Utara menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki kesempatan untuk pengembangan lokasi food estate di wilayah Propinsi Sumatera Utara. 

Pemerintah Pusat telah menerima permohonan dan telah di survey untuk lahan Food Estate untuk  Kabupaten Tapanuli Utara seluas 17.961,72 hektar yang berlokasi di tiga kecamatan , yakni Kecamatan Sipoholon, Parmonangan dan Adiankoting. 

Ditemui dirumah dinasnya, Bupati Taput Nikson Nababan dalam  Konsepnya menyampaikan pembangunan Food estate   dilakukan secara terintegrasi  mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan, Rabu (28/10).

" Dalam mengelola pengembangan food estate di Taput, Saya berharap agar Pemerintah Pusat melibatkan seluruh stakeholder, dimana lahan dimaksud terlebih dahulu diserahkan Kemenhut ke pihak Pemkab Taput. Selanjutnya pihak Pemkab akan  bertindak sebagai regulator dimana pihak Pemkab akan membagi lahan kepada masyarakat yang bersedia mengelola lahan dengan mengikuti ketentuan dari pemerintah, "ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Pemkab Taput akan mengikat kerjasama dengan pihak swasta yang bersedia membeli hasil pertanian dari lahan dimaksud dengan harga terbaik.

Keberadaan Food Estate akan menjadi sentra ekonomi bagi Pemkab Taput yang melibatkan masyarakat. Pemerintah dan Masyarakat ikut andil secara langsung dan mengikat kerjasama bukan hanya penonton. Masyarakat turut serta dalam mengolah lahan (pinjam pakai) bukan pemilik tetapi mendapatkan harga terbaik untuk hasil pertaniannya sesuai ketentuan kerjasama yang diikat Pemkab dengan pihak swasta. 

Saya sangat berharap konsep pengembangan Food Estate ini  menjadi sentra produksi komoditi tanaman berbuah  di provinsi Sumatera Utara  serta  menjadi percontohan nasional. Di samping menghasilkan buah, juga tetap menjaga kesinambungan alam. 

Pada prinsipnya, konsep pengembangan Food Estate Taput itu harus melibatkan seluruh stakeholder. Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta mengikat kerjasama yang saling menguntungkan, "ujar Bupati mengakhiri.(ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini