-->
    |
Follow Us :

Forum Anak Belawan Bersatu Sambut Positif Kunjungan Gubsu Edi Rahmayadi Ke Belawan

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-
Sempat viral di media- media online terkait Banjir Rob melanda Kota Pelabuhan Belawan, Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi langsung kunjungi Lorong Ujung Tanjung 2 Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan.

Dalam kunjungan itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Pelindo I Belawan untuk bersinergi dengan menyatukan masterplan guna menata dan mengembalikan kelestarian daerah pinggiran pantai di Belawan yang kerap terkena banjir rob itu, 

Hal ini disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi, didampingi Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho, Dirut PT Pelindo I Dani Rusli, GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid, H Irfan Hamidi saat meninjau perkampungan warga di Lorong Ujung Tanjung II Bagan Deli Belawan, Selasa (20/10), yang kerap terkena banjir rob. Gubernur melihat kawasan ini perlu segera ditata agar tidak terlihat kumuh dan kebersihan warga dapat terjaga.

Di Lorong Ujung Tanjung 2 Bagan Deli Belawan, Edy Rahmayadi juga melihat banyaknya pemukiman yang telah berdiri. Padahal dahulunya kawasan tersebut masih berupa hutan bakau. Karena itu, Pemko Medan terutama pada Camat Medan Belawan, diminta untuk dapat melakukan penataan, agar warga tidak lagi mendirikan bangunan di kawasan hutan bakau di pinggir pantai.

Mengatasi ini, Pemko Medan dengan bantuan Pelindo diminta mencari solusi yakni untuk segera membangun Rumah Susun yang nantinya dapat ditempati warga di pinggiran pantai Belawan. “Saya minta ke depan Camat untuk lebih tegas lagi. Jangan nanti sudah kita bangun tempat ini, hal ini masih terjadi, maka repot kita. Tidak akan siap kita menata daerah ini,” katanya.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Dirut PT Pelindo I Dani Rusli, Pjs Walikota Medan Arief Sudarto Trinugroho, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan Edison Kurniawan, GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid, Camat Medan Belawan Ahmad, Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Riadil Akhir Lubis, H Irfan Hamidi, Hadi Suhendra, R Khairil Chaniago Ketua Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) beserta pengurus.

Sementara itu, Forum Anak Belawan Bersatu(FABB) menyambut positif  Gubernur Sumut terkait upaya penyelesaian banjir rob yang melanda kawasan Medan Belawan. 

"Kehadiran gubernur ke Belawan bersifat mendadak dan tanpa acara protokuler resmi, setelah beliau berkoordinasi dengan H. Irfan Hamidi yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Forum Anak Belawan Bersatu ," katanya.

Dalam kunjungan ke pemukiman warga tersebut, Gubsu  melihat secara langsung kondisi lingkungan yang ada."Beliau merasa begitu prihatin dan segera meminta pihak terkait untuk segera mengambil langkah solutif guna menyelesaikan masalah yg terjadi, agar masyarakat tidak terus mengalami penderitaan yg berkepanjangan," ujar Khairil. 

" Ini adalah titik awal yg bagus bagi kita semua warga Belawan , semoga kita semua, seluruh elemen yang ada di Belawan dapat bersama sama menjadi juri yang menilai kinerja pemerintah dan menjadi sosial kontrol untuk mengawasi BUMN yang beraktifitas di Belawan,"Kata dia lagi.

Dalam keterangannya, Ketua Umum Forum Anak Belawan Bersatu R. Khairil Chaniago mengatakan, semoga dengan adanya kunjungan gubernur terkait masalah banjir rob ini, selanjutnya terbuka jalan untuk mengatasinya secara terkonsep , terukur dan terimplementasi dengan baik.

"Apalagi bapak gubernur dalam Minggu ini juga akan melakukan rapat teknis untuk membahas penanganan banjir rob secara terfokus   dan dengan tegas meminta seluruh pihak , termasuk PT Pelindo agar serius keterlibatannya dalam menyelesaikan masalah yang ada.," ujar Khairil.

Dia berharap, masalah banjir rob ini dapat sesegera mungkin terselesaikan dengan baik, dan kedepannya tata kelola pemukiman dan bisnis dapat berjalan beriringan tanpa merusak  prinsip pengelolaan lingkungan yg berkeadilan demi kesejahteraan masyarakat.(rafli)
Komentar

Berita Terkini