Dukung TMMD 2020 dan Hadapi Covid -19, UKM JBM Akan Serahkan Hand Sanitizer dan Bibit Eucalyptus Pada Kodim 0201/BS

Jaya lah Indonesia q
Rabu, 21 Oktober 2020 - 19:38
kali dibaca

Mediaapakabar.com Dukung TMMD 2020 dan Hadapi Covid -19, UKM JBM Akan Serahkan Hand Sanitizer dan Bibit Eucalyptus Pada Kodim 0201/BS

Medan - Founder UKM Jurnalis Bina Mandiri (JBM), Fakhruddin mengemukakan, saat ini sejumlah negara, khususnya di Indonesia masih dilanda pandemi virus corona (Covid-19). Namun, seiring waktu berjalan ternyata virus corona bisa dilawan oleh minyak Atsiri yang bahan bakunya berasal dari tanaman Pohon Euchalyptus, dimana tanaman itu dibudidayakan oleh perusahaan Toba Pulp Lestari di Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Di sisi lain, Kocu panggilan akrab Fakhruddin menuturkan, bahwa pihak Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) RI juga telah mematenkan tiga produk antivirus Corona berbasis tanaman Atsiri atau Euchalyptus tersebut. 

Bahkan, dari berbagai jenis tanaman yang diuji, tanaman Euchalyptus atau minyak Atsiri memiliki kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol) yang dianggap paling berdampak menekan pertumbuhan berbagai jenis virus, termasuk virus Corona. Berdasarkan uji laboratorium Balitbang, minyak dari tanaman Eucalyptus mampu membunuh virus influenza, virus beta dan gamma corona dalam skala 80-100%."Bahwa minyak Atsiri (eucalyptus) punya potensi sangat besar, untuk menekan atau membunuh virus Corona," ungkap Kocu.

Terkait hal tersebut, Fakhruddin yang didampingi Sekretaris M. Harizal, SH, kepada wartawan, Senin (19/10/2020) menyebutkan, pada hari Rabu 21 Oktober 2020 ini, UKM Jurnalis Bina Mandiri Medan, akan menyerahkan Hand Sanitizer dengan aroma minyak Atsiri Eucalyptus, hasil kerjasama antara pihak TPL dengan IPTEKs USU, kepada Kodim 0201/BS yang sedang melaksanakan TMMD Tahun 2020.

"Penyerahan 100 botol Hand Sanitizer aroma Eucalyptus, dan sekaligus penanaman bibit Pohon Eucalyptus dikawasan Medan Belawan, yang dijadwalkan dimulai pada pukul 14.00 Wib, Rabu 21 Oktober 2020," sebut Harizal. 

Dijadwalkan pejabat yang akan melakukan penanaman Eucalyptus bersama UKM Jurnalis Medan, diantaranya Aster Kasdam I/BB, Kazidam I/BB, Kakesdam I/BB, Danlanud Soewondo, Kapolres Belawan, Danyon Marhanlan, Danyon Satuan BS, Pjs. Walikota, Ketua DPRD Medan, dan Ka BPBD Medan serta Camat Medan Marelan. 

Penanaman bibit pohon Eucalyptus tersebut akan dilakukan sekaligus pada acara penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2020, yang dilaksanakan Kodim 0201/BS di wilayah Medan Labuhan dan Medan Belawan. Tujuan penanaman bibit pohon tersebut, dimaksudkan tanaman penghijauan di kawasan Medan Belawan, yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.. (rel/....
Share:
Komentar

Berita Terkini