Dengarkan Arahan Menteri, Pemkab Asahan Ikuti Zoom Virtual Bersama Kemenhub

Media Apakabar.com
Selasa, 27 Oktober 2020 - 23:40
kali dibaca

Mediaapakabar.com- 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan penuhi undangan zoom virtual bersama Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Selasa (27/10/2020) berlangsung diaula Kenanga kantor Bupati

Acara zoom virtual guna mendengarkan secara langsung pengarahan dari Menteri menjelang libur Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2020 yang dimulai sejak tanggal 28 s/d 30 Oktober 2020 ini.

Ada beberapa poin penting yang perlu di persiapkan untuk menentukan langkah-langkah kebijakan dalam upaya preventif pencegahan penyebaran covid-19 serta mengantisipasi kemungkinan lonjakan pemudik yang akan melakukan perjalanan pada libur Maulid Muhammad SAW.

Untuk itulah Pemerintah Daerah dapat memberikan himbauan kepada pengguna jalan agar mematuhi protokol kesehatan, melakukan pembagian masker serta penyemprotan disinfektan kepada kendaraan. 

Artinya masyarakat tidak dilarang untuk mudik dengan ketentuan harus tetap menjalankan program kesehatan yaitu dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Selain itu menurut BMKG kita harus dapat mempersiapkan skenario kontingensi yang mungkin akan terjadi. Hal ini mengingat pada saat ini adalah musim penghujan, untuk itu pula Pemerintah Daerah agar dapat mempersiapkan alat-alat berat dan peralatan penanggulangan bencana, yang berguna apabila sewaktu-waktu terjadi bencana atau kerusakan jalan.

Kemudian melakukan pengawasan kendaraan angkutan barang dan penumpang, hal ini agar dapat menjamin keselamatan dan kelancaran lalu lintas, akan dilakukan random check oleh Dinas Perhubungan dan Satlantas.

Selanjutnya pengawasan bus-bus pariwisata yang digunakan oleh masyarakat untuk tujuan berlibur ke tempat-tempat pariwisata agar menerapkan protokol kesehatan.

Jadi untuk menindaklanjuti poin-poin di atas Pemerintah Kabupaten Asahan akan segera mengambil langkah dengan menetapkan Pos Katarina menjadi pos bersama dalam pengendalian arus mudik dan balik libur maulid.

Lalu daerah sentral pariwisata seperti Ponot, alun-alun, danau Kelapa Gading dan tempat wisata lainnya akan mendapatkan perhatian khusus dimasa libur ini. 

"Dimasa libur panjang Maulid ini. Kita Pemkab Asahan akan tetap memberikan imbauan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan COVID 19, melakukan pengaturan arus lalu lintas dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan" ujar Kadis Kominfo H.Rahmat Hidayat.


Masih dikatakan Rahmat, Pemkab  Asahan melalui Dinas-Dinas terkait akan segera melaksanakan kegiatan Ramp Chek dan Random Chek  bersama Satlantas Polres Asahan. Selain itu akan Kita siagakan ambulance, pemadam kebakaran dan alat alat berat dalam upaya antisipasi  hal hal yang tidak diinginkan.

Dalam hal mengantisipasi penyebaran wabah pandemi COVID-19. Pemkab Asahan akan menyediakan cuci tangan dan Handsanitizer di setiap pintu masuk menuju aun-alun terang Kadis Kominfo Asahan.

Hadir dalam kegiatan zoom virtual, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan, Dinas PUPR Kabupaten Asahan, Dinas Disporapar, Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, Kasat Pol PP Kabupaten Asahan, BPBD dan Satlantas Polres Asahan.(Ed/Dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini