Bentuk Desa Maritim, Bakamla RI Kunjungi Kabupaten Asahan

Media Apakabar.com
Senin, 26 Oktober 2020 - 23:28
kali dibaca

Mediaapakabar.com- 
Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) lakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Asahan. Kunjungan dalam rangka kerjasama antara Bakamla dan pihak  Pemkab Asahan melakukakn Pemberdayaan Desa Maritim, Senin (26/10/2020),

Kedatangan Bakamla langsung disambut Plh. Bupati Asahan dan dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Bambang Hadi Suprapto.

Kami ucapkan selamat datang Bakamla RI yang dipimpin langsung oleh Laksma Bakamla RI Retiono Kunto H. SE  dan rombongan di Kabupaten Asahan.

"Hari ini Pemerintah Kabupaten Asahan akan  memfasilitasi pertemuan untuk menindak lanjuti perjanjian kerjasama antara Bakamla RI dan Pemkab Asahan tentang pembentukan Pemberdayaan Desa Maritim di wilayah perairan Asahan yang tertuang dalam surat nomor : SP-027/BAKAMLA/IX/2019 dan nomor 523/3505 tanggal 18 September 2019.

Artinya apa yang dilakukan oleh Bakamla RI, Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung. Karena hal ini sudah tentu dapat mempercepat ekonomi nasional, sesuai dengan Program Pemerintah Pusat.

Selain itu kata Bambang, Pemkab Asahan melalui Dinas Perikanan telah membuat Rencana Zonasi Rinci Wilayah Perairan dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) di Kecamatan Silau Laut Pada tahun 2013 dan RZWP3K Kabupaten Asahan pada tahun 2014 lalu.

Dimana rencana zonasi tersebut telah masuk ke dalam RZWP3K Provinsi Sumatera Utara dan disahkan melalui Perda Provinsi Sumatera Utara.

Intinya RZ tersebut dapat menjadi masterplan pengembangan selanjutnya dari Bakamla RI selaku Badan Pembina Teknis Desa Maritim Silau Baru," jelas Bambang.

Sementara itu Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla RI Retiono Kunto dalam kata sambutannya mengatakan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut.

Bakamla merupakan lembaga pemerintah yang memiliki kedudukani bawah serta bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Dan bertugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah Perairan Indonesia dan wilayah Yurisdiksi Indonesia.

Jadi guna mengoptimalisasikan tugas pokok Bakamla dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut. Maka diperlukan suatu dukungan kerjasama yang sinergitas antara Instansi dan Institusi lainnya termasuk dengan Pemerintah Daerah serta masyarakat pesisir.

Kerjasama pengembangan Desa Maritim Bakamla RI di Desa Silau Baru merupakan wujud nyata. Bakamla segera akan melakukan penyuluhan kesehatan lingkungan dan upaya pencegahan penyebaran covid-19 didaerah pesisir.

Kemudian akan dilaksanakan pelatihan pengolahan hasil laut oleh para praktisi UKM dan pelatihan kreativitas muda dari tim kreatif Anak Sumut Production.

Dalam pelaksanaan kegiatannya Bakamla RI turut menyerahkan bantuan buku untuk taman Literasi sebagai tindak lanjut kerja sama Bakamla RI dengan Perpusnas.

Sebagai langkah pendukung kegiatan akan diberikan 5 buah blender dan 5 buah sealer kepada perwakilan masyarakat dan 2 buah rak buku untuk literasi Desa Maritim Silau Baru.

"Oleh karena itu diharapkan melalui kegiatan ini warga masyarakat Desa Maritim Silau Baru dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh supaya dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat ujar Laksma Rentiono 


Dalam kesempatan itu Direktur Kerjasama Bakamla RI turut menyerahkan bantuan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) secara simbolis berupa buku kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang diterima langsung oleh Plh Bupati diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Terlihat hadir dalam acara  Tim Bakamla RI, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, Camat Silau Laut dan Kepala Desa Silau Baru (Ed/Dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini