-->
    |
Follow Us :

Bagikan Sertifikat Tanah di Sumut, Jokowi: Gunakan Untuk Modal Usaha

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membagikan sertifikat tanah di Sumatera Utara (Sumut). Total ada 20 ribu sertifikat tanah yang dibagikan ke masyarakat.

Dalam sambutannya, Jokowi sempat bercerita tentang pengalamannya yang pertama kali mendapatkan sertifikat tanah di usia 35 tahun. Jokowi mengaku sangat senang saat itu, karena dia tahu sertifikat tanahnya bisa digunakan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank.

"Saya ingat saat saya pertama kali mendapat sertifikat umur kira-kira 35 tahun. Saya sudah pegang sertifikat senang sekali, karena dengan sertifikat ini kita nanti bisa gunakan untuk akses ke perbankan. Ini bisa disekolahkan ke bank kalau ingin dipakai untuk modal kerja usaha, bisa dipakai ini," ucapnya sambil memegang sertifikat dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

"Kalau tanahnya luas mungkin bisa mendapatkan pinjaman ratusan juta bisa, kalau tanahnya kecil bisa puluhan juta, tapi dengan sertifikat ini kita bisa mengakses permodalan ke perbankan," tambahnya.

Meski begitu, Jokowi mengimbau kepada masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat tanah agar memanfaatkannya dengan hati-hati. Kalaupun dimanfaatkan sebagai jaminan pinjaman ke bank, uang tersebut agar digunakan hanya untuk modal usaha.

"Kalau sudah dapat modal dari bank saya titip hati-hati, dihitung, digunakan yang baik. Jangan dipakai untuk beli mobil, jangan dipakai untuk beli sepeda motor, gunakan semuanya untuk modal usaha modal investasi. Karena ini hati-hati, untuk pegang barang ini nggak mudah, ini hak hukum atas tanah yang kita miliki," tegasnya

Sumber :detik.com
Komentar

Berita Terkini