Sambil Patroli Perairan, Satpol Air Polres Tanjung Balai Tetap Sosialisasikan Protokol Kesehatan

armen
Selasa, 15 September 2020 - 22:32
kali dibaca





Mediaapakabar.com- Kapal  KP. II-1023  yang diawaki Team Regu III Bripka Tuharno dan Bripka Agus R.Tanjung.melaksanakan tugas patroli di perairan  Tanjung Balai Asahan untuk melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut TKI dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar dan masuk melalui perairan Tanjung Balai, Selasa (15/09/2020) pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap kapal, Petugas patroli melakukan pemeriksaan Suhu Tubuh Awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.

Selanjutnya Komandan Kapal Patroli Sat Polair Polres Tanjung Balai Melaksanakan  Public speaking, berupa :

Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Tentang Pencegahan Virus Corona Kepada Masyarakat Awak kapal Nelayan Kota Tanjung Balai.

Agar Masyarakat Tetap Mengikuti Perkembangan Covid-19, Himbauan Pemerintah dan Menjalankan Protokoler Kesehatan :
- Memakai Masker,
- Menjaga Jarak,
- Mencuci Tangan pakai Sabun dengan Air bersih yang Mengalir
- Hindari Kerumunan.

Menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat dan Tetap Menjaga Kebersihan Pribadi dan Lingkungan.

Selain itu,kedua personil juga menghimbau apabila akan berlayar agar selalu:

-Periksa mesin, kelengkapan kapal dan melengkapi dokumen kapal sebelum berlayar, dalam pelayaran utamakan  keselamatan dengan cara melengkapi alat-alat keselamatan berlayar seperti JAKET Pelampung dan Ring boy, APAR dan Kotak P3K.

-Menjadi mitra POLRI dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan membantu petugas Satpolair untuk memberikan informasi jika ada mengetahui ada masyarakat atau orang (TKI Ilegal) yang masuk dengan cara menumpang di kapal pengangkutan/ kapal ikan serta juga kapal yang mencurigakan membawa barang-barabg illegal seperti Ballpress dan  narkoba.

Selasa 15 September 2020 pukul 09.30 wib Kasubnit Bimmas Perairan Bripka Joko Slamet melaksanakan kegiatan dalam rangka Ops Aman Nusa II Toba 2020 berupa pemberian Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru  dalam kehidupan sehari- hari kepada masyarakat nelayan, di Lingkungan 5  Kel. Perwira Kec. Tg balai Selatan  Kota Tg Balai.

Dalam kesempatan itu Bripka Joko Slamet menghimbau agar selalu mentaati Protokol Kesehatan yang dianjurkan pemerintah guna memutus penyebaran Virus Corona covid-19 yaitu :

1).Bila bepergian agar selalu menggunakan masker.
2).Bila kembali dari luar ke rumah agar selalu mencuci tangan Pakai Sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer.
3).Menghindari tempat keramaian.
4).Menjaga jarak saat berinteraksi sesama warga minimal 1,5 meter serta memberikan masker.
5). Hindari kerumunan.

 Pemeriksaan Kapal

Pada hari Selasa tanggal 15 September 2020, sekira pukul 13.20 wib, KP II-1023 melakukan pengejaran dan penghentian terhadap satu unit kapal diposisi koordinat :
 N  2° 59' 10.446", E  99° 51' 39.1284" dan terhadap kapal dilakukan pemeriksaan, kapal ikan jenis pancing cumi.Adapun nama kapal tersebut adalah tanpa nama dan tanpa tanda selar bermesin dompeng 28 HP. yang dinakhodai oleh  Samsudin datang dari laut  tujuan Tanjung Balai.

Hasil pemeriksaan :
~ Dokumen kapal : tidak ada dan dihimbau kepada Nakhoda untuk mengurus dokumennya kedinas syahbandar. Muatan kapal berupa  fiber berisi sotong katak tidak ada ditemukan barang - barang  ilegal atau yang melanggar hukum. Kondisi kapal motor : Laik laut.

Situasi wilkum Sat Polair Polres Tanjung Balai dalam keadaan aman dan terkendali.(dn)

Share:
Komentar

Berita Terkini