Pembuatan Bronjong di wilayah sekitar Sungai Merah, Agar tidak kebanjiran lagi jika sungai meluap

Media Apakabar.com
Kamis, 24 September 2020 - 12:50
kali dibaca

Mediaapakabar.com- 
Memasuki hari ketiga dilaksanakannya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 109 Tahun 2020 yang dilaksanakan Kodim 0201/BS,di Jalan Marelan VII Kel Tanah Enam Ratus Kec Medan Marelan, Personel TNI dari Tiga Matra dan Polri serta dibantu warga masyarakat terus kebut pengerjaan pembuatan bronjong. 

Hari ini, Kamiis (24/09/2020), personel Satgas dibantu masyarakat berjibaku memasang batu bronjong di Sungai Merah. Dengan mengerahkan alat berat dan peralatan lainnya, personel Satgas yang dikoordinir langsung Pasiter Kodim 0201/BS Mayor Inf Romi Sembiring terus berpacu untuk menuntaskan pekerjaan fisik dalam sasaran TMMD 109.

Disela-sela kesibukannya, Pasiter Kodim 0201/BS menyampaikan bahwa pembuatan bronjong hari ini masuk tahap penimbunan batu dipinggir sungai dan mengawatinya. Selain itu,Satgas nantinya akan membangun Mushola buat warga masyarakat. 

"Mushola tersebut dibangun diatas lahan warga yang menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan Mushola dan dengan adanya Mushola nantinya masyarakat tidak perlu jauh-jauh melaksanakan ibadah dan anak-anak pun bisa menambah ilmu agamanya di Mushola sehingga akan tercipta generasi religius,  "sebutnya. 

Untuk kegiatan saat ini difokuskan pengerjaan pembuatan bronjong agar wilayah sekitar Sungai Merah tidak kebanjiran lagi jika sungai meluap. "Untuk sementara ini,sungai kami bendung dahulu agar tidak mengganggu pekerjaan pembuatan bronjong, "jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan Pasiter, peran serta anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD, khususnya personel Kodim 0201/BS dalam setiap pembangunan dan kegiatan yang ada di wilayah merupakan upaya lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Sehingga silaturahmi dan kemanunggalan dapat terjalin lebih erat.

Sementara itu, Lurah Tanah 600 Rusli Lubis mengatakan, gotong royong membangun bronjong sepanjang 362 meter,guna mencegah terjadinya banjir dan sekaligus untuk meningkatkan jalinan hubungan komunikasi antara prajurit TNI dengan masyarakat di wilayah.

“Pembuatan bronjong bertujuan memperbaiki infrastruktur wilayah. Dimana kita tahu bahwa sungai tersebut merupakan sungai yang perlu dibenahi. Sehingga diharapkan dengan pembangunan bronjong maka banjir tidak akan terjadi lagi, "tandas Ramli. (red)
Share:
Komentar

Berita Terkini